Jumat, 1 Agustus 2014

Inggris melaju ke perempatfinal

Rabu, 20 Juni 2012 03:35 WIB | 3.418 Views
Inggris melaju ke perempatfinal
Wayne Rooney (kiri) mengawali kiprah pertamanya padadputaran final Piala Eropa 2012 dengan menganmankan jalan Inggris ke perempatfinal. (AFP)
Donetsk (ANTARA News) - Inggris sukses melaju ke perempatfinal setelah mengalahkan Ukraina 1-0 di laga terakhir Grup D Piala Eropa 2012.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, Wayne Rooney akhirnya berhasil memenuhi ekspektasi.

Satu sundulan dari umpan Gerrard melesak ke sudut kanan gawang Ukraina yang tak terjaga membuahkan gol pembuka untuk Inggris. Senyum lebar terkembang di wajah Rooney yang awalnya miskin keceriaan di babak pertama.

Semangat Inggris tergenjot dengan gol pembuka ini.  Beberapa peluang emas berhasil dibuat Inggris untuk mengoyak gawang yang dijaga Pyatov namun masih gagal dieksekusi menjadi gol tambahan untuk The Three Lions.

Milevskiy nyaris menyamakan kedudukan, bola tidak mampu dihalau Hart di menit ke-63. Namun Ukraina gagal bersorak sorai karena John Terry segera membuang bola yang nyaris masuk gawang Inggris.

Permainan semakin memanas dan lebih agresif dari babak pertama. 

Milner memberi peluang gol, Rooney gagal memanfaatkannya, lalu bola kembali ditangkap Cole. Namun tembakan Cole berhasil ditepis Pyatov.

Pada menit 70 Theo Walcott pun diturunkan menggantikan James Milner. Ukraina juga melepas senjata ampuhnya, Shevchenko turun ke lapangan menggantikan Devic. Tuan rumah jelas berharap pada Shevchenko bisa membawa kemenangan untuk Ukraina. 

Tuan rumah kembali menguji kemampuan Joe Hart pada menit 75 lewat Konoplyanka. Joe Hart terbukti masih bisa melindungi gawang Inggris.

Oleg Blokhin yang ketar-ketir segera mengotakatik timnya. Milevskiy kini digantikan Butko, sementara Garmash kini duduk di bangku cadangan digantikan Nazarenko.

Dia mencoba menggoyahkan gawang Hart namun tembakannya melambung ke atas mistar.

Dari kubu Inggris, Danny Welbeck digantikan Andy Carroll pada menit 83, sementara Wayne Rooney ditarik keluar untuk digantikan Alex Oxlade-Chamberlain empat menit kemudian. 

Hingga detik terakhir Ukraina gagal menyamakan kedudukan. Demikian pula negeri ini tak bisa memanfaatkan tiga menit waktu tambahan untuk mengubah nasib.

Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan tidak berubah. Inggris unggul 1-0 atas Ukraina.

ESPN menulis, "Hasil ini jauh dari sempurna bagi Ingrgis, tapi mereka telah mendapatkan apa yang diinginkannya."

Lima kartu kuning bertebaran di babak ini, Steven Gerrard, Ashley Cole, Yaroslav Rakitskiy, dan Anatoly Tymoschuk, dan Andriy Shevchenko.

Menurut data statistik ESPN, tingkat akurasi tendangan Ukraina paling rendah se-Piala Eropa 2012, hanya 17 persen.

Walau Ukraina mendominasi penguasaan bola sebanyak 57 persen dengan 16 peluang, sang tuan rumah gagal melaju ke perempatfinal.

(nan)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top Stories
Baca Juga