Kamis, 23 Oktober 2014

Inggris dan Prancis wakili Grup D ke perempatfinal

| 4.716 Views
id inggris vs ukraina, prancis vs swedia, inggris lolos, prancis lolos, wayne rooney, zlatan ibrahimovic, sebastian larsson
Inggris dan Prancis wakili Grup D ke perempatfinal
Wayne Rooney menjadi bintang lapangan setelah mencetak gol kemenangan Inggris atas Ukraina, sekaligus membuat Inggris menjadi juara grup dan lolos ke perempatfinal (AFP)
Jakarta (ANTARA News) - Kendati tumbang 0-2 dari Swedia yang sudah lebih dulu tersingkir, Prancis tetap lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2012 mendampingi juara Grup D Inggris yang mengandaskan upaya tuan rumah Ukraina.

Debut Wayne Rooney di putaran final Piala Eropa 2012 berbuah manis setelah gol semata wayangnya di awal babak pertama laga penentuan Inggris vs Ukraina di Donbass Arena, Ukraina, membawa Inggris lolos ke babak berikutnya sekaligus menjadi juara grup.

Umpan Steven Gerrard gagal ditepis kiper Ukraina dan bola melambung ke sebelah kanan gawang segera disambut kepala Rooney yang bebas tanpa penjagaan siapa pun.

Inggris pun unggul 1-0 atas Ukraina.  Kedudukan ini bertahan sampai dua kali 45 menit usai.

Sementara itu di Kiev Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, dalam laga Prancis versus Swedia, Zlatan Ibrahimovic dan Sebastian Larsson membuat Swedia mengungguli Prancis 2-0.

Gol akrobatik Ibrahimovic pada menit 54 membuka gol Swedia dalam laga yang bisa disebut hanya untuk menjaga gengsi Swedia yang dua kali kalah pada laga-laga sebelumnya.  Larsson kemudian menggandakan kemenangan Swedia ini pada menit 91.

Hasil ini tak berarti apa-apa buat Swedia selain menebalkan kebanggaan semata, sekaligus tak menggeser peluang Prancis ke babak perempatfinal karena aman dengan poin 4 setelah hasil Inggris vs Ukraina yang justru membuat nyaman Prancis.

Inggris keluar sebagai juara grup dengan mengemas poin 7, sedangkan Prancis menyusul di urutan dua dengan poin 4.  Tuan rumah sendiri terpaku pada nilai 3 karena tak bisa setidaknya mengimbangi Inggris yang berubah agak bertahan di babak kedua.

Inggris akan ditantang sesama mantan juara dunia, Italia, pada perempatfinal nanti, sedangkan Prancis akan menjajal jawara Eropa Spanyol.

Laga Inggris vs Italia dan Prancis vs Spanyol akan menjadi dua laga "real final" pada turnamen akbar se-Eropa ini. (*)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga