Selasa, 23 Desember 2014

Prancis lolos meski kalah 0-2 dari Swedia

| 4.815 Views
id swedia vs perancis, prancis lolos, timnas swedia, timnas perancis, grup d, zlatan ibrahimovic, sebastian larsson
Prancis lolos meski kalah 0-2 dari Swedia
Kiper Hugo Lloris harus dua kali memungut bola dari dalam jala gawang Prancis, tetapi Prancis tetap lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2012 (AFP)
Prancis harus bekerja lebih keras lagi menata semua lininya sebelum mereka bertemu Spanyol di perempat final"
Jakarta (ANTARA News) - Swedia menang atas Prancis 2-0 dalam laga Grup D Piala Eropa 2012, di Kiev, Rabu dini hari.

Gol kedua Swedia dicetak tendangan voli Sebastian Larsson pada menit 91memanfaatkan kemelut di depan gawang Perancis, sedangkan gol pertama oleh kapten sekaligus bintang Swedia, Zlatan Ibrahimovic pada menit 54.

Tendangan akrobatiknya hasil umpan Larsson dari sisi kiri pertahanan Perancis tidak bisa dibendung oleh kiper Lloris.

Alur serangan Swedia terlihat lebih gencar setelah pemain pengganti Wilhelmsson masuk ke lapangan. Dengan menyisir sisi kanan pertahanan Prancis, beberapa kali Wilhelmsson berhasil membahayakan gawang lawannya.

Di menit 56 terbukti  Wilhelmsson membuat peluang. Tendangan volinya hasil umpan Ibrahimovic tepat mengarah ke gawang Prancis, namun masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Prancis.

Pelatih Erik Hamren melakukan dua pergantian pada menit 79 Holmen masuk menggantikan Svensson. Kemudian Wernbloom dimasukkan untuk menjadi pengganti penyerang Toivonen.

Di kubu Prancis, tendangan Samir Nasri dari luar kotak penalti hampir saja membuat gawang Swedia bergetar di menit 64, namun ternyata masih melebar.

Menit 71 tendangan M'Villa dari luar kotak penalti sempat membahayakan gawang Isaksson. Beruntung, penjaga gawang Swedia tersebut bisa menyelamatkannya dengan baik.

Pelatih Laurent Blanc pada menit 59 melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Malouda menggantikan Ben Arfa di sayap kanan. Lalu pada menit 77 Nasri digantikan Menez.

Menit 82 Menez sempat membahayakan gawang Swedia dengan tendangan menyusur tanahnya, hasil kerjasama dengan Malouda dan Ribery. Namun masih bisa dihalau oleh kaki kiper Isaksson.

Prancis menambah amunisinya dengan memasukkan Olivier Giroud pada menit 83 sebagai pengganti M'Villa.

Penyerang Montepellier itu langsung menjadi ancaman gawang Swedia dengan sundulannya. Hanya saja masih melebar.

Secara keseluruhan Prancis mendominasi pertandingan dengan total penguasaan bola 57 persen. Tendangan ke arah gawang juga lebih banyak Perancis yaitu 24 kali. Sayang Prancis tidak bisa seefektif Swedia dalam memanfaatkan peluang.

Biarpun kalah, Perancis tetap melaju ke babak perempatfinal Piala Eropa 2012 karena berada di peringkat dua Grup D. Sementara itu diperingkat pertama diisi oleh Inggris setelah mengalahkan Ukraina 1-0.

"Kebanggan telah dikembalikan Swedia yang tampil brilain malam ini," tulis ESPN.

Sebaliknya, ESPN.com menyebutkan bahwa Prancis harus bekerja lebih keras lagi menata semua lininya sebelum mereka bertemu Spanyol di perempat final nanti.

(lod)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga