Rabu, 22 Oktober 2014

Perpusda Yogyakarta gelar lokakarya pembuatan film

| 5.444 Views
id Perpusda Yogyakarrta, lokakarya pembuatan film, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta Sri Sulastri
Anak-anak diharapkan bisa membedakan mana film yang ramah dan baik untuk mereka dan mana film yang tidak baik untuk usia anak-anak."

Yogyakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Kota Yogyakarta akan menggelar lokakarya pembuatan film yang khusus untuk anak dengan tema "Asyiknya Membuat Film".

"Kegiatan `workshop` pembuatan film yang khusus ditujukan untuk anak-anak ini diharapkan bisa menjadi alternatif kegiatan pengisi libur panjang sekolah," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta Sri Sulastri di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, loka karya pembuatan film untuk anak-anak tersebut dipilih sebagai kegiatan pengisi liburan karena dunia anak-anak tidak bisa dilepaskan dari tayangan, khususnya film sehingga diperlukan tayangan yang baik sesuai dengan usia anak-anak.

Ia mengharapkan, melalui lokakarya tersebut anak-anak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup terhadap tayangan yang baik, sesuai dengan usia mereka.

"Anak-anak diharapkan bisa membedakan mana film yang ramah dan baik untuk mereka dan mana film yang tidak baik untuk usia anak-anak," katanya.

Sasaran kegiatan itu adalah anak-anak usia 10-14 tahun dengan jumlah peserta maksimal 30 anak. Kegiatan tersebut rencananya pada 3-5 Juli 2012.

Anak-anak yang berkeinginan mengikuti kegiatan tersebut harus mengumpulkan biodata dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50.000.

Calon peserta dapat melakukan pendaftaran di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta, dengan batas waktu pendaftaran pada 30 Juni 2012.

Sejumlah proses pembuatan film yang akan diajarkan kepada anak-anak meliputi sistem kerja pembuatan film, pengenalan peralatan pembuatan film, menyusun skenario, penyutradaraan, memilih lokasi adegan, penempatan waktu, dan kostum pemain.

"Banyak hal positif yang bisa diperoleh anak-anak dengan mengikuti kegiatan ini. Salah satunya adalah kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, kesabaran, dan juga kreativitas," katanya.

(E013)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca