Sabtu, 26 Juli 2014

Festival Wayang Internasional berlangsung di Bandung

Rabu, 20 Juni 2012 08:53 WIB | 3.599 Views
Festival Wayang Internasional berlangsung di Bandung
Ilustrasi -- Pagelaran Wayang (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)
Bandung (ANTARA News) -  Festival Wayang dan Topeng International (International Mask and Puppet Festival) akan digelar di Kota Baru Parahyangan Bandung pada 30 Juni-1 Juli mendatang.

"Festival ini menjadi ajang temu budaya, pendidikan dan hiburan. Kegiatan digelar di Bale Pare Kota Baru Parahyangan," kata Direktur Festival King Entertainment Iman Noer Adi.

Pada festival itu akan tampil seniman berasal dari sejumlah negara seperti Swedia, Turki, Kamboja, Jepang, Meksiko, Ekuador, dan Australia.

Kedatangan seniman dunia itu membawa kebudayaannya masing-masing, sedangkan seniman Indonesia akan tampil antara lain maestro topeng dari Bali I Made Djimat, Didik Ninik Thowok, Aerly Rasinah, dalang Slamet Gundono.

Selain loka karya dan pertunjukan, katanya, akan digelar acara dialog interaktif tentang wayang dan topeng dengan menghadirkan Endo Suanda sebagai wakil akademisi, Mirwan Suwarso dan Opik Sunandar Sunarya sebagai wakil praktisi.

Seniman berasal dari Swedia selain akan tampil di panggung pertunjukan, juga menggelar lokakarya membuat wayang dari bahan-bahan sayuran.

Hal itu, katanya, akan menarik untuk dinikmati terutama oleh anak-anak karena akan memberikan inspirasi bahwa kesenian wayang memang sangat bervariasi.

Ia mengatakan, bagi Kota Baru Parahyangan, kegiatan sejenis merupakan suatu tanggung jawab yang besar untuk bersama-sama melestarikan budaya bangsa.

"Wayang memiliki filosofi yang sangat dalam dan luhur," kata Manager Marketing Kota Baru Parahyangan, Raymond.
(S033/M029)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga