Kamis, 23 Oktober 2014

Prancis nilai Rusia mainkan peran dalam transisi Suriah

| 2.880 Views
id konflik suriah, kekerasan di suriah, konflik senjata suriah, presiden prancis francois hollande, penyerahan kekuasaan suriah, bashar al-assad
Prancis nilai Rusia mainkan peran dalam transisi Suriah
Presiden Prancis Francois Hollande. (REUTERS/Eric Feferberg)
Los Cabos, Meksiko (ANTARA News) - Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan bahwa timpalannya, Presiden Rusia Vladimir Putin, "memainkan peran" dalam mengupayakan transisi politik di Suriah.

Setelah keikutsertaan pertamanya di KTT G20 di Meksiko, seperti dikutip Kantor Berita AFP, Hollande mengatakan bahwa "Rusia memainkan perannya untuk mengupayakan transisi.... siapa yang telah membantai rakyatnya hari ini tak boleh berperan pada masa depan Suriah."

Moskow punya hubungan sejarah sebagai sekutu orang kuat Suriah, Bashar al-Assad. Putin berkukuh menentang intervensi dari luar untuk memaksa perubahan rezim, namun Hollande mangatakan Rusia punya bagian untuk diperankan dalam penyerahan kekuasaan.

Lebih dari 14.000 orang Suriah tewas sejak Maret tahun lalu, ketika Assad meluncurkan tindakan keras terhadap pemberontakan pro-demokrasi.

Kekerasan meningkat setelah beberapa pejuang oposisi mengangkat senjata, dan negara itu kini di ambang perang saudara.

Kekuatan Barat termasuk Prancis menuntut Bashar al-Assad untuk mundur, tetapi Rusia dan China memveto tawaran untuk menyetujui resolusi Dewan Keamanan PBB tersebut dan menegaskan bahwa setiap perubahan rezim di Suriah harus dilakukan secara "konstitusional".

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga