Kamis, 2 Oktober 2014

Penggelaran pesawat V-22 Osprey di Okinawa ditentang

Rabu, 20 Juni 2012 14:19 WIB | 3.365 Views
... beberapa kali Osprey ditimpa serangkaian kecelakaan fatal selama tes penerbangan....
Tokyo (ANTARA News) - Gubernur Prefektur Okinawa, Jepang selatan, menyerukan pemerintah pusat Jepang membatalkan rencana penggelaran pesawat helikopter hibrida MV-22 Osprey di pangkalan Amerika Serikat di pulau itu.

Pesawat baling-baling cepat itu ditempatkan di Pangkalan Udara Korps Marinir Amerika Serikat Futenma di prefektur tersebut. Bell-Boeing --produsen MV-22 Osprey-- merancang pesawat ini mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal, maupun lepas landas dan pendaratan pendek.

Osprey dengan dua baling-baling besar yang memakai prinsip tilt rotor itu memang didedikasikan bagi Korps Marinir Amerika Serikat, yang memiliki keperluan tinggi akan helikopter berkemampuan khusus itu.

Digadang-gadang mampu menjawab keperluan misi militer amfibi dan lain-lain, ternyata beberapa kali Osprey ditimpa serangkaian kecelakaan fatal selama tes penerbangan. Ini sebetulnya pusat kekhawatiran penduduk di Pulau Okinawa itu.

Media setempat melaporkan sebelumnya, Amerika Serikat merencanakan akan menempatkan Osprey di sana untuk percobaan tiga bulan. Proyeksinya, Amerika Serikat akan menempatkan secara total 24 Osprey di sana.

Gubernur Okinawa, Hirokazu Nakaima, mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Jepang, Koichiro Gemba, dan Menteri Pertahanan Jepang, Satoshi Morimoto, bahwa prefekturnya tidak bisa membiarkan Amerika Serikat menggelar Osprey, di Pangkalan Kota Ginowan, kata Kyodo News.

(H-AK)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga