Sabtu, 1 November 2014

AS dan Selandia Baru kerja sama pertahanan

| 4.066 Views
id kerja sama pertahanan, kapal perang amerika serikat,
AS dan Selandia Baru kerja sama pertahanan
Komandan kapal komando Armada Ketujuh Amerika Serikat, USS Blue Ridge (LCC 19), Captain Daniel C Grieco, saat memberikan keterangan pers setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, bulan lalu. Dari kapal itulah Amerika Serikat mengendalikan operasionalisasi militernya di wilayah seluas 52 juta meter persegi di Kawasan Pasifik. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)
... Washington mengawasi kekuatan militer China yang meningkat...
Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat dan Selandia Baru, Selasa, menandatangani satu perjanjian memperluas kerja sama pertahanan. Itu tidak mengubah larangan bagi kapal-kapal perang Amerika yang bersenjata nuklir singgah di pelabuhan negara itu.

Perjanjian itu termutakhir dalam usaha Amerika Serikat mengubah fokus strategisnya ke kawasan Asia-Pasifik, sementara Washington mengawasi kekuatan militer China yang meningkat.

Menteri Pertahanan Selandia Baru, Jonathan Coleman, mengusulkan dialog keamanan serta pelatihan bersama antara angkatan bersenjata dua negara itu.

Pentagon mengatakan kemitraan itu meliputi kerja sama keamanan di bidang keamanan maritim, bantuan kemanusiaan dan pertolongan dalam terjadinya bencana, operasi-operasi dukungan pemeliharaan perdamaian.

Perjanjian itu menyerukan peningkatan kewaspadaan kawasan maritim, satu kalimat yang biasanya mengacu pada kerja sama dalam intelijen dalam mengawasi lalu lintas maritim.

Para pejabat senior AS harus menjalin perjanjian-perjanjian serupa dengan negara-negara lain di kawasan itu termasuk Australia, dalam satu usaha mengimbangi kekuatan militer dan ekonomi China yang meningkat.

Perjanjian Selasa itu menggambarkan mencairnya hubungan militer yang dingin antara dua negara itu.

Sejak tahun 1985, Selandia Baru menolak mengizinkan kapal-kapal AS yang bersenjata nuklir dan yang berkekuatan nuklir singgah di pelabuhan-pelabuhannya.

Sementara Washington menolak mengungkapkan apakah kapal-kapalnya bertenaga nuklir atau tidak, Selandia Baru melarang masuk bagi semua kapal angkatan laut Amerika.

(H-RN/Z002)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga