Minggu, 31 Agustus 2014

Moody's naikkan peringkat Turki satu tingkat

Rabu, 20 Juni 2012 16:39 WIB | 2.150 Views
Ankara (ANTARA News) - Moody's pada Rabu menaikkan peringkat kredit Turki satu tingkat dari "Ba2" menjadi "Ba1" dengan prospek positif karena peningkatan keuangan pemerintah dan kemampuan untuk menahan guncangan ekonomi.

Dikatakan, alasan utama untuk menaikkan peringkat tersebut adalah "peningkatan yang signifikan dalam keuangan publik Turki dan akibat kenaikan kapasitas penyerapan guncangan dari neraca pemerintah".

Moody's mengatakan, pemerintah Turki juga telah mengambil langkah-langkah yang bisa membantu mengatasi defisit transaksi berjalan besar negara saat ini "yang merupakan risiko kredit terbesar yang dihadapi negara".

Peringkat Ba1 meninggalkan Turki tepat di bawah investment grade (layak investasi), yang Moody's mengatakan, kemungkinan pihaknya akan menerima jika negara menjadi lebih tahan terhadap guncangan keseimbangan dari pembayaran.

Turki telah menikmati dua tahun pertumbuhan cemerlang, tumbuh 8,9 persen pada 2010 dan 8,5 pada 2011, tetapi ada kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin terlalu panas dan bahwa defisit transaksi berjalan besar 10 persen dari PDB berarti pihaknya sangat tergantung pada investor asing untuk melanjutkan ekspansinya.
(A026) 

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca