Jumat, 19 Desember 2014

Garuda Indonesia perkuat armada ke timur

| 2.916 Views
id garuda indonesia, armada garuda indonesia, penerbangan garuda indonesia
Garuda Indonesia perkuat armada ke timur
Garuda Indonesia (FOTO ANTARANews)
... akan terus bertambah...
Makassar (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berencana menambah lima unit armada di titik peralihan utama transportasi penerbangan timur Indonesia. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, jadi titik sentralnya

VP Eastern Indonesia Region PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Rosyinah, di Makassar, Rabu, menjelaskan, lima armada itu terdiri atas satu Airbus 332 dengan 186 kursi dan empat pesawat jenis CRJ 1000 Next Generation berkapasitas 100 penumpang.

Rencana penambahan Airbus 332 tersebut diharapkan terealisasi sebelum lebaran tahun ini untuk melayani rute Makassar-Jakarta pergi pulang (PP). Sementara empat CRJ 100 Next Generation rencananya didatangkan pada Oktober 2012.

Menurutnya, rata-rata tingkat keterisian maskapai penerbangan ini mencapai 90 persen untuk semua rute. Khusus rute Makassar-Surabaya PP, 75-78 persen dan Makassar-Singapura PP, 80 persen.

"Kalau mendekati lebaran, satu minggu sebelumnya atau peak season, liburan anak sekolah, 90-95 persen. Kalau di low season tingkat isiannya tidak terlalu menggembirakan mungkin sekitar 70-75 persen tapi kami akan membuat paket-paket yang bisa dinikmati pelanggan khususnya tur ke fasilitas kami di Jakarta," jelasnya.

Frekuensi rute penerbangan dari Makassar mencapai 21 kali, terbanyak tujuan Jakarta sebanyak delapan penerbangan dalam satu hari.

"Kami sebetulnya membuka wacana supaya orang bisa masuk dari luar negeri ke sini, sehingga bukan saja masyarakat dari Makassar ke Singapura tapi kami harus menarik orang datang ke sini lihat Makassar," katanya.

Tingkat keterisian penumpang, rute penerbangan Makassar-Taipei melalui Jakarta yang baru dibuka, menurutnya, juga cukup baik.

Tingkat keterisian penumpang penerbangan rute internasional, lanjut dia, terukur cukup baik di atas angka 75 persen, diharapkan dapat mencapai 85 persen atau bahkan 95 persen pada musim-musim tertentu. "Rute penerbangan internasional yang dilayani terus bertambah, kurang lebih 20 dan akan terus bertambah," katanya.

Sebagai hub transportasi penerbangan di timur Indonesia, kantor wilayah Makassar akan berkembang membawahi 18 cabang yakni Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. 

(KR-RY/N002)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga