Minggu, 21 September 2014

Komentar "kalem" Novita Angie soal Tor Tor dan Gondang Malaysia

Rabu, 20 Juni 2012 17:45 WIB | 2.367 Views
Jakarta (ANTARA News) - Artis sekaligus presenter Novita Angie, mengimbau masyarakat agar tidak cepat tersulut emosi soal  Malaysia yang menyebut Tari Tor Tor dan Musik Gondang Sambilan sebagai bagian dari budayanya.
 
"Aduh, masyarakat Indonesia jangan cepat tersulut dong. Cari tahu dulu kebenarannya, kenyataannya kan tidak seperti yang dipikirkan banyak orang," ujar Angie saat dijumpai ANTARA News, usai menjadi pembawa acara peluncuran produk pelembut pakaian di Jakarta, Rabu.

Menurut Angie, pemberitaan tentang pernyataan Malaysia tentang seni tari Tor Tor dan Gordang Sambilan sebagai warisan budaya komunitas Malaysia terlalu berlebihan sehingga masyarakat menjadi tersulut.

"Sudah jelas-jelas bila itu adalah komunitas yang ingin melestarikan budaya mereka, meskipun berbeda kewarganegaraan dengan kita, tapi mereka berhak untuk melestarikan budayanya juga dong," kata dia.

Menurut Angie, pihak Malaysia sendiri sudah memberikan penjelasan, jadi tidak perlu meributkan permasalahan tersebut.

"Sama saja dengan suku Jawa di Suriname, mereka memiliki kebudayaan bahkan bahasa yang sama dengan suku Jawa di Indonesia, meskipun berbeda negara. Jadi apa yang salah bila sebuah suku ingin melestarikan budayanya," kata Angie memberi contoh.

(M048)


COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga