Selasa, 29 Juli 2014

Toilet adalah cermin budaya

Rabu, 20 Juni 2012 18:27 WIB | 1.665 Views
Toilet  adalah cermin budaya
Ilustrasi-Toilet. (ANTARA/Andika Wahyu)
Jakarta (ANTARA News) - Spesialis infeksi tropis anak dari FKUI - RSCM, dr. Hindra Irawan Satari, SpA (K), menyatakan bahwa toilet di suatu tempat merupakan cermin budaya kebersihan di tempat tersebut.

"Bagaimana keadaan toilet itu, maka seperti itulah budaya kebersihan di tempat itu, lebih-lebih di toilet umum," ujar Hindra usai menjadi pembicara dalam sebuah peluncuran produk pelembut pakaian di Jakarta, Rabu.

Dia menyatakan, toilet sebagai area pribadi seseorang seharusnya dijaga kebersihannya, karena di dalam toilet seseorang melakukan pembersihan tubuh.

"Ya kalau toilet jorok, berarti penduduk di situ juga pasti berbudaya jorok, karena toilet yang seharusnya bersih malah kotor," ujar dia.

Toilet adalah tempat yang lembab dan cenderung lebih sering basah, sehingga perkembangan bakteri serta kuman juga lebih tinggi di lokasi ini.

"Bila kamar mandi atau toilet itu kotor, maka bakter dan kuman yang berkembang di situ dipastikan sangat nyaman dan dipastikan infeksi kuman dan bakteri di tempat itu juga pasti tinggi," kata Hindra.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga