Sabtu, 30 Agustus 2014

Taspen cairkan pensiun ke-13 mulai Juli

Rabu, 20 Juni 2012 19:43 WIB | 2.702 Views
Jakarta (ANTARA News) - PT Taspen (Persero) akan segera membayarkan gaji, pensiun dan tunjangan ke-13 dalam tahun anggaran 2012 kepada para pensiunan pegawai negeri sipil, TNI/Polri, dan pejabat negara mulai 2 Juli 2012 sampai 20 Juli 2012.

"Pembayaran atau tunjangan bulan ke-13 dibayarkan serentak pada kantor bayar pensiun di seluruh Indonesia," ujar Sekretaris Perusahaan PT Taspen, Wiharto dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Perhitungannya berdasarkan pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga, tambahan penghasilan dan pembulatan apabila ada, dan tanpa tunjangan beras.

Wiharto menjelaskan adapun pembayaran pensiun ketiga belas tidak termasuk dana kehormatan veteran dan tunjangan khusus provinsi Papua sebesar Rp100 ribu.

Sedangkan bagi penerima pensiun atau tunjangan yang menerima uang pensiun atau tunjangan melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP) tapi belum menyampaikan NPWP, maka dikenakan tarif PPH lebih tinggi 20 persen.

Menurut dia, PNS aktif yang menerima gaji sampai Mei 2012 dan akan pensiun 1 Juni 2012, masih mendapatkan pensiun ketiga belas ini. Namun, bagi yang pensiun pada 1 Juli tidak mendapatkan pensiun bulan ke-13.

Bagi penerima pensiun janda atau duda dari penerima pensiun yang meninggal dunia dan berhak atas pembayaran pensiun atau tunjangan janda atau duda pada 1 Juni 2012 dibayarkan pensiun bulan ke-13 sebesar penerimaan pensiunnya.

Sementara, bagi penerima pensiun yang berhak atas pembayaran pensiun sebelum bulan juni 2012 dan mengajukan klaim pada atau setelah Juni 2012 berhak menerima pensiun bulan ke-13.

"Bagi penerima pensiun atau tunjangan yang pindah Wilayah Kantor Cabang pada Juni 2012, pembayaran pensiun bulan ke-13 dilakukan di kantor cabang PT Taspen yang dituju," ujar Wiharto.

Ia mengatakan bagi penerima pensiun terusan dari pensiun pegawai negeri atau pejabat negara yang meninggal dunia atau hilang, diberikan pensiun bulan ke-13 sebesar penghasilan pensiun terusan yang diterima pada Juni 2012.

Apabila di kemudian hari terdapat penerima pensiun/tunjangan yang menerima lebih dari satu jenis penghasilan pensiun, kelebihan pembayaran tersebut merupakan utang kepada negara dan wajib mengembalikan kepada negara dengan menyetor kepada kantor cabang PT Taspen.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga