Sabtu, 26 Juli 2014

PGN akan pasok gas industri dari Afrika

Rabu, 20 Juni 2012 21:27 WIB | 2.623 Views
Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan mengimpor gas dari sejumlah negara di Afrika untuk memenuhi permintaan di dalam negeri yang terus meningkat.

"Langkah impor gas dari Afrika karena kapasitas gas dalam negeri yang ada sekarang tidak bisa memenuhi kebutuhan kalangan industri," kata Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso, pada acara pertemuan antara pemerintah dengan pengguna gas industri di Jakarta, Rabu.

Hendi menyebutkan sejumlah ladang gas, seperti Tangguh dan Natuna, belum bisa didistribusikan dalam waktu dekat ini karena terkendala minimnya infrastruktur.

"Kilang Tangguh dan Natuna baru bisa didistribusikan pada tahun 2014, sedangkan kebutuhan gas industri sangat mendesak sehingga harus impor dari negara lain," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan bahwa pihaknya sedang menghitung kebutuhan gas industri dalam negeri dan neraca pasokan gas yang dimiliki pemerintah pada tahun 2012--2020.

"Pemerintah berharap pasokan gas industri bisa dipenuhi dari sejumlah ladang gas yang ditemukan, seperti ladang milik Hess Corporation yang dieksplorasi di Jawa Timur, Kangean, Kepodang, Tangguh, dan Natuna," katanya.

Jero menegaskan bahwa keputusan penaikan harga dan pasokan gas nanti tidak harus ditetapkan dalam bentuk peraturan menteri.

"Kami harapkan hasilnya pada pekan depan bisa memenuhi keinginan semua pihak, terutama kalangan industri," tuturnya.

(KR-SSB)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga