Jakarta (ANTARA News) - Jason Mraz dikenal lewat lagu-lagu cinta seperti I'm Yours yang meledak di pasaran. Bahkan, album terbaru yang diluncurkannya pun dijuduli Love Is a Four Letter of Word.

Ironisnya Jason mengaku kesulitan memaknai arti cinta.

"Cinta itu adalah hal yang paling sulit untuk dimengerti. Saya patah hati dan jatuh cinta. Kadang saya tidak tahu cinta itu apa. Saya masih mencari tahu tentang cinta," kata Jason pada jumpa pers di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, Rabu.

Jason mengaku mengumpulkan berbagai ungkapan tentang cinta sampai akhirnya menemukan pernyataan cinta dari seorang pendidik terkenal dan presenter acara TV klasik "Mr. Rogers' Neighborhood" asal Amerika, Fred Rogers, yang mengatakan "memaknai cinta adalah hal paling sulit di dunia."

"Ketika saya menemukan kata mutiara dia sewaktu kecil, saya melihat itu menarik, 'kata mutiara' yang menginspirasi, Cinta itu hal yang sulit dimengerti," kata Jason yang menyertakan secara khusus ungkapan dari Rogers di album terbarunya.

Mengenai album terbarunya, Jason menjelaskan, ia ingin memesankan kekuatan cinta dapat mempengaruhi hidup seseorang. 

Pria kelahiran San Diego itu menampilkan lambang yang seolah membentuk kata "LOVE" di cover albumnya tersebut.

"Kita bisa melihat cinta dimana saja dan cinta memberikan kita kekuatan. Kita juga bisa memilih untuk melihat cinta di dalam diri kita," kata Jason yang saat itu mengenakan topi vendora.

Cinta Jason Mraz juga dibuktikan dalam dunia kemanusiaan lewat Jason Mraz Foundation yang mengusung empat pilar penting kemanusiaan yaitu kesetaraan manusia, lingkungan, seni dan pendidikan, serta program pendampingan. Ia selalu menyisihkan hasil konsernya untuk pendanaan organisasi.

"Saya mau menggunakan keinginan saya untuk peduli terhadap hal-hal tersebut lewat institusi saya," katanya.

Jason Mraz akan menggelar konser bertajuk "Tour Is a Four Letter Word" di Senayan Jakarta, lusa mendatang. Ini kali ketiga Jason menggelar konser di Indonesia setelah "Java Jazz Festival" 2009 dan "Jason Mraz Special Acoustic Evening with Toca Rivera" November 2011.

"Selama saya datang ke Indonesia selalu sulit untuk berkeliling. Tetapi kali ini saya akan punya waktu untuk itu. Besok saya akan mulai berkeliling Jakarta," katanya.

M047