Minggu, 21 September 2014

Ratusan karyawan produsen Animale demo manajemen

Kamis, 21 Juni 2012 10:53 WIB | 1.345 Views
Denpasar (ANTARA News) - Sekitar 200 karyawan PT Mitra Garment Indoraya, produsen Animale, berunjuk rasa di lokasi perusahaan pakaian jadi itu di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Kamis.

Mereka mempertanyakan kejelasan nasib sebagai pegawai di perusahaan tersebut, setelah dua bulan lalu dirumahkan oleh manajemen.

"Sesuai surat perjanjian seharusnya kami sudah kembali bekerja saat ini, namun rupanya manajemen berusaha memperpanjang masa merumahkan kami sampai tiga bulan ke depan," kata Ketut Suyeni, salah seorang karyawan tetap perusahaan itu yang telah mengabdi belasan tahun.

Dia mengatakan, kenyataannya dirinya beserta ratusan karyawan yang lainnya tidak diizinkan untuk memasuki area perusahaan untuk kembali bekerja.

Menurut Suyeni, alasan perusahaan merumahkan mereka adalah sepi order sehingga terjadi efisiensi, namunnya nyatanya proses produksi masih berjalan.

"Sampai saat ini ada yang masih bekerja bahkan sampai lembur segala, ada apa ini? Apakah kami mau diberhentikan kerja secara sepihak. Jika mau menghentikan berikan kami pesangon yang sesuai ketentuan," ujarnya.

Ketut Wasini, karyawan lainnya mengatakan, dirinya beserta yang lainnya selama dirumahkan hanya mendapatkan gaji separuh dari yang seharusnya.

Bahkan untuk perpanjangan masa merumahkan pekerja yang kedua kalinya ini, lanjut dia, dirinya hanya mendapatkan seperempat gaji.

"Sebenarnya yang mengalami nasib seperti saya mencapai 300 orang karyawan, namun sebagian sudah ada yang mengundurkan diri karena mendapatkan satu unit mesin jahit," ujarnya.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga