Kamis, 18 September 2014

Pencemaran sungai Musi masih dalam batas wajar

Kamis, 21 Juni 2012 12:37 WIB | 9.393 Views
Pencemaran sungai Musi masih dalam batas wajar
Ilustrasi - Sungai Musi (FOTO ANTARA/ANDIKA WAHYU)
Palembang (ANTARA News) - Tingkat penceraman Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan hingga sekarang ini masih dalam ambang batas dan wajar serta belum mengkhawatirkan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Sumsel, A Najib di Palembang, Kamis mengatakan, hasil evaluasi beberapa waktu lalu ternyata pencemaran sungai yang membelah kota Palembang itu masih dalam batas wajar.

Ada beberapa titik lokasi yang menjadi tempat penelitian karena di tempat itu diperkirakan banyak limbah dan ternyata pencemarannya masih normal, kata dia.

Bahkan, air sungai Musi masih layak diminum setelah diproses terlebih dahulu karena belum mengandung racun berbahaya karena pencemarannya belum mengkhawatirkan.

Namun, ujar dia, pihaknya terus mengevaluasi terutama saat musim kemarau karena air akan menjadi dangkal sehingga kualitas pencemaran menjadi berubah.

Hal ini karena di sepanjang sungai Musi tersebut terdapat banyak pabrik sehingga limbahnya perlu diteliti secara terus menerus. Umumnya setiap tahun termasuk saat musim kemarau pencemaran sungai tersebut masih dalam ambang batas dan belum mengkhawatirkan.

Menurut dia, dalam menjaga agar sungai yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel itu supaya pencemarannya tetap terkendali pihaknya rutin melaksanakan himbauan terutama bagi perusahaan yang ada di pinggiran sungai tersebut.

Begitu juga masyarakat diharapkan tidak membuang sampah ke sungai sehingga air tersebut tetap terjaga dan pencemaran semakin terkendali. Kesemuanya itu untuk menjaga agar kualitas air tersebut tetap baik dan bisa dikonsumsi.

(U005)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga