Jakarta (ANTARA News) - LSM Greenpeace melakukan aksi kampanye mendesak restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia agar menggunakan kemasan ramah lingkungan hasil produsen kertas yang peduli kelestarian lingkungan.

"Kami menghimbau kepada KFC agar beralih memakai kemasan yang ramah lingkungan. Kami masih menemukan produk mereka masih menggunakan kertas yang tidak ramah lingkungan misalnya pada produk French Fries" kata juru kampanye Hutan Greenpeace Indonesia Yuyun Indradi di KFC Cikini, Jakarta Pusat, Kamis.

Greenpeace mendesak KFC segera memutuskan kontrak dengan sebuah perusahaan produsen kertas nasional yang menjadi pemasok kertas kemasan KFC karena ditengarai mengandung MTH (Mixed Tropical Hardwood atau kayu campuran tropis).

Greenpeace menilai eksploitasi hutan untuk kertas dapat merusak habitat Harimau Sumatera yang semakin langka.

"Jika terus dibiarkan maka hutan Indonesia akan habis terutama di kawasan Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan. Hutan habitat penting bagi harimau," kata dia.

Kampanye damai Greenpeace ini tidak mengganggu konsumen KFC yang sedang menyantap makanan, bahkan para aktivis Greenpeace mengajak konsumen KFC agar mendukung kampanye mereka.

(ans)