Senin, 25 September 2017

Merpati tutup rute Jakarta-Bandung

| 5.445 Views
Merpati tutup rute Jakarta-Bandung
Sejumlah petugas melakukan pemeriksaan pesawat Merpati yang baru mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta beberapa waktu lalu. (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Ini termasuk restrukturisasi rute
Jakarta (ANTARA News) - PT Merpati Nusantara Airlines Persero telah menutup rute penerbangan Jakarta-Bandung karena rute tersebut dinilai tidak efisien. Saat ini, maskapai ini sudah menutup sekitar 5 persen dari 120 total rute yang dimilikinya.

"Ini termasuk restrukturisasi rute. Jakarta-Bandung ditutup karena tidak mungkin," kata Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo saat ditemui di gedung DPR, Jakarta, Kamis.

Ia menganggap rute yang tidak efisien sebaiknya ditutup dengan konsekuensi harus membuka rute yang dianggap potensial. Rute Bandung-Surabaya dianggap bagus karena yang bisa masuk ke Surabaya hanya pesawat kecil.

"Kalau yang besar tidak bisa masuk. Nah, kita bersaingnya dengan pesawat yang terseleksi saja," paparnya.

Saat ini, Merpati memiliki 35 pesawat, dan yang beroperasi hanya 25 unit. Pesawat-pesawat yang beroperasi tersebut adalah Boeing 737 series sebanyak lima unit, Twin Otter lima unit, Cassa dua unit, Fokker 100 satu unit, Boeing 737-200 satu unit, dan MA 60 sebanyak 11 unit.

Merpati membeli 40 pesawat jet 21-700 berkapasitas 100 penumpang buatan China seniai 1,2 miliar dolar AS. Perseroan menargetkan memiliki 75 pesawat hingga 2017 mendatang. Pesawat-pesawat ini untuk mengaktifkan kembali rute yang sempat ditinggalkan akibat kekurangan armada.

Merpati telah membuka kembali rute Semarang-Jakarta yang sempat ditutup pada 2004. Tercatat 2.500 orang terbang dari Semarang ke Jakarta tiap harinya. Rute Semarang-Jakarta akan dilayani oleh pesawat jenis Boeing 737 seri 400 dengan kapasitas 148 kursi.

Merpati juga akan membuka penerbangan terusan Semarang-Jakarta-Makassar, Semarang-Jakarta Biak, Semarang Jakarta-Jayapura, dan Semarang-Jakarta-Merauke.

Selain itu, Merpati akan membuka rute penerbangan Jakarta-Semarang-Pangkalan Bun PP, serta Semarang-Jakarta-Pekanbaru-Medan-Batam dengan pesawat Boeing 737.
(SSB)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca