Sabtu, 1 November 2014

KPK limpahkan kasus dugaan suap Bea Cukai ke Mabes Polri

| 3.153 Views
id suap bea cukai, kpk serahkan mabes polri
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan kasus dugaan suap oknum Ditjen Bea Cukai yang tertangkap di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (20/6) ke Mabes Polri.

Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa hasil pemeriksaan terhadap tujuh orang terperiksa yang salah satunya oknum Ditjen Bea Cukai tersebut ternyata unsur pidana korupsinya lebih lemah dibanding unsur pidana umum.

Hal tersebut, menurut dia, membuat KPK memutuskan untuk melimpahkan kasus tersebut ke Mabes Polri.

Hasil pemeriksaan penyidik menyebutkan E yang merupakan pihak swasta meminta sejumlah uang kepada A yang merupakan warga negara Amerika Serikat (AS) untuk pengurusan dokumen pengeluaran barang.

Selanjutnya, E akan menghubungi W yang merupakan oknum pegawai Ditjen Bea Cukai di Bandara Soekarno-Hatta guna menyelesaikan dokumen pengeluaran barang.

Meski kasus tersebut telah dilimpahkan kepada pihak kepolisian, menurut Johan, kemungkinan adanya unsur tindak pidana korupsi dalam kasus tersebut tetap ada.

Pihak kepolisian akan melanjutkan penyidikan lebih lanjut, sedangkan KPK akan memberikan informasi kepada pihak kepolisian terkait dengan proses penangkapan.

Penangkapan terhadap oknum Ditjen Bea Cukai berinisial W dan dua orang perantara berinisial E dan A dilakukan KPK di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu, warga negara Amerika Serikat berinisial A, salah seorang pihak swasta lain berinisial R, dia orang lain yang diduga sopir dan security ditangkap KPK di rest area KM 13 jalan tol Jakarta-Merak.

Bersamaan dengan penangkapan tersebut KPK juga membawa Rp150 juta yang diduga merupakan uang suap sebagai barang bukti. (V002/D007)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga