Senin, 22 Desember 2014

Penjelasan Twitter atas 'serangan bug'

| 4.306 Views
id situs twitter, jejaring sosial twitter,twitter terserang bug, twitter bermasalah, web bug twitter,
Penjelasan Twitter atas 'serangan bug'
Twitter (istimewa)
"....Twitter tidak dapat diakses oleh semua pengguna situs melalui desktop...."
Jakarta (ANTARA News) - Situs jejaring sosial mikro blog, Twitter, sempat mengalami penurunan kerja situs secara global pada Kamis (21/6).

"Sekitar pukul 09.00 waktu Pasifik PDT (Kamis, 21.00 WIB), kami menemukan Twitter tidak dapat diakses oleh semua pengguna situs melalui desktop dan pengguna ponsel tidak dapat menerima tweet baru," sebut Wakil Presiden Teknik Twitter, Mazen Rawashdeh, dalam blog resmi Twitter.

Rawashdeh melanjutkan pihak Twitter mulai lakukan investigasi terhadap penurunan kerja situs dan menemukan rentetan 'bug' (cascading bug) di salah satu komponen infrastruktur mereka.

"Penurunan kerja itu terjadi bukan karena peretas (hack), kantor baru kami, Euro 2012, atau avatar format GIF sebagaimana diperikirakan sejumlah pihak," tulis Rawadesh.

'Cascading bug', menurut Rawadesh, adalah sebuah 'web bug'--alat peninjau halaman situs yang dikunjungi pengguna internet--yang mempunyai dampak tidak terbatas pada elemen perangkat lunak (software) tertentu, tapi berdampak 'berantai' ke elemen lain.

"Setelah menemukan persoalan itu, kami segera mengambil tindakan perbaikan termasuk mengembalikan ke versi Twitter sebelumnya yang lebih stabil," tulis Rawadesh.

Twitter telah melakukan pemulihan situs sekitar pukul 10.10 PDT, tapi situs itu sempat turun kembali pada 10.40 PDT dan dapat dipulihkan penuh pada 11.08 PDT.

"Kami masih melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahawa persoalan ini dapat dihindari pada masa mendatang," tulis Rawadesh.

(I026)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga