Minggu, 26 Oktober 2014

Populasi Badak Sumatera "kritis" punah

| 7.096 Views
id badak sumatera, badak melahirkan, TNWK, populasi badak, tahun badak, tahun badak internasional, badak jawa, badak sumatera, pencanangan tahun badak
Populasi Badak Sumatera
...kategori terakhir sebelum dinyatakan punah (extinct)...
Jakarta (ANTARA News) - Populasi badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) terus memprihatinkan dan sejak tahun 1996 tercatat dalam kategori "kritis punah" (critically endangered) dalam Daftar Merah IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Badak Sumatera masuk dalam kategori terakhir sebelum dinyatakan punah (extinct) di alam lepas karena jumlah dewasanya yang tak lebih dari 250 ekor di seluruh dunia.

Populasi ini bahkan diperkirakan akan berkurang 25 persen dalam masa satu generasi ke depan (panjang satu generasi sekitar 20 tahun).

Habitat Badak Sumatera awalnya meliputi dataran Himalaya di Bhutan dan utara India, terus ke Yunnan (China), Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Semenanjung Malaysia, Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan di Indonesia.

Namun kini badak Sumatera diyakini hanya hidup di Sumatera, Kalimantan, dan sebagian kecil saja di Semenanjung Malaysia.

Badak Sumatera yang kritis punah tinggal di Bukit Barisan Selatan, Way Kambas, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Kerinci-Seblat.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan tahun 2012 sebagai Tahun Badak Internasional, guna menggalang komitmen dunia untuk melindungi satwa itu dari kepunahan.
(E012)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga