Minggu, 24 Agustus 2014

Vettel raih posisi start terdepan di Valencia

Sabtu, 23 Juni 2012 22:57 WIB | 3.211 Views
Vettel raih posisi start terdepan di Valencia
Pebalap Formula 1 Red Bull Sebastian Vettel asal Jerman membentuk angka satu dengan jarinya usai berhasil memperoleh posisi pole dalam babak kualifikasi Canadian F1 Grand Prix di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Sabtu (9/6). (REUTERS/Chris Wattie)
Valencia (ANTARA News) - Untuk ketiga kalinya Sebastian Vettel akan memulai balap dari posisi terdepan bagi Red Bull, setelah mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi Sabtu, untuk Grand Prix Eropa.

Ini juga merupakan ketiga kalinya bagi pebalap 24 tahun ini mengisi posisi start terdepan di Valencia, posisi start terdepan ketiganya pada tahun ini, serta ke-33 sepanjang karirnya, menyamai rekor legenda Formula One, Alain Prost dan Jim Clark.

Juara bertahan ini kesulitan mengembangkan kecepatan pada Jumat, dan terpaksa menggunakan set ban tambahan pada kualifikasi kedua (Q2) agar dapat selamat dari tereliminasi - perjudian yang terbayar setelah ia berhasil melakukan putaran tercepat di sesi terakhir, untuk mengamankan tempatnya di baris start terdepan bersama pebalap tercepat kedua, Lewis Hamilton yang mengendarai McLaren.

"Oh ya, kami melakukan hal yang benar pada akhir (sesi kualifikasi) - itu adalah tantangan, namun bermanfaat," teriaknya melalui radio tim.

Vettel mencatatkan waktu tercepat yakni satu menit 36,086 detik di sirkuit jalanan Valencia, 0,3 detik lebih cepat daripada Hamilton dan pebalap tercepat ketiga, Pastor Maldonado dari Williams.

Vettel mengakui bahwa ia terkejut dapat mengisi posisi start terdepan melalui cara yang dominan.

Ia berkata, "Kami menggunakan set kedua sebagai opsi pada Q2. Itu merupakan hal yang tepat, sebab saya tidak berpikir bahwa lap pertamaku cukup bagus."

"Saya tahu pada akhir (sesi kualifikasi), jika treknya menjadi sedikit lebih dalam, semestinya cukup bagus untuk melihat posisi start terdepan."

"Pada akhirnya terdapat selisih yang mengagetkan. Anak-anak terlihat bekerja keras di garasi dan di pabrik untuk membawa part-part baru. Mereka tampaknya bekerja. Saya menantikan balap besok hari."

Hamilton, pebalap tercepat ke-14 pada Jumat, mengakui bahwa dirinya tidak berpikir bahwa dirinya memiliki kecepatan untuk mengisi posisi start terdepan dan mengharapkan tantangan kuat dari pebalap-pebalap Lotus, Romain Grosjean dan Kimi Raikkonen, yang memulai balap dari posisi keempat dan kelima pada Minggu.

"Saya mengharapkan untuk lebih jauh lagi sebab kami berjuang di sepanjang akhir pekan dengan persiapan," papar Hamilton.

"Rekan-rekan melakukan pekerjaan hebat untuk memberikan saya selisih (waktu) itu, dan mobilnya terasa sangat bagus, namun saya pikir selisihnya masih cukup besar."

"Melihat pada grid, sebab itu akan menjadi begitu `panas` sebab (mobil-mobil) Lotus terlihat sangat kompetitif - mereka akan menjadi salah satu tim yang mendapat perhatian untuk besok."

Nico Rosberg dari Mercedes berada di posisi keenam di depan Kamui Kobayashi dari Sauber, dan Nico Hulkenberg dari Williams.

Jenson Button berada di posisi start sepuluh besar untuk pertama kalinya dalam tiga balapan bagi mobil kedua McLaren. Ia menghuni peringkat kesembilan Sedangkan posisi start kesepuluh dihuni pebalap Force India, Paul Di Resta, yang sempat terlihat akan menghuni posisi start lima besar namun remnya terkunci menjelang akhir lap terbaiknya, dan harus puas dengan posisi kesepuluh.

Pemenang balap Grand Prix Australia, Mark Webber, gagal untuk melejit setelah Q1, setelah bermasalah dengan setting mobilnya.

Pebalap 25 tahun ini akan memulai balap dari posisi ke-19.

"Kami tidak memiliki DRS (Drag Reduction System/ Sistem Reduksi Pengereman)! kata Webber. "Kami hanya melakukan empat lap pada hari ini. Kami melakukan opsi-opsi karena beberapa hal berlangsung mengecewakan, namun itu tidak bekerja dan ini merupakan waktu yang buruk bagi kami."

Kedua pebalap Ferrari, Fernando Alonso dan Felipe Massa, gagal menghuni posisi sepuluh besar start, sedangkan Michael Schumacher berada di posisi ke-12 dengan Mercedesnya.

Pebalap Williams, Bruno Senna, mengisi posisi start ke-14 di depan Sergio Perez, yang mengendarai mobil Sauber kedua.

Pebalap Marusia asal Jerman, Timo Glock, tampil sangat buruk. Ia akan memulai balap dari posisi ke-24, demikian AFP melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga