Selasa, 2 September 2014

Menkop: angka pengangguran di Indonesia menurun

Sabtu, 23 Juni 2012 23:09 WIB | 8.517 Views
Menkop: angka pengangguran di Indonesia menurun
Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan (FOTO ANTARA)
Makassar (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarifuddin Hasan mengatakan persentase pengangguran di Indonesia menurun selama satu dasawarsa terakhir.

"Selama satu dekade terakhir, dari 240 juta penduduk Indonesia, jumlah pengangguran tinggal 6,3 persen saat ini," kata Syarifuddin saat menyampaikan orasi ilmiah mengenai entrepreneurship atau kewirausahaan dalam rangka Milad ke-58 Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Sabtu.

Syarifuddin mengungkapkan jumlah tersebut telah mengalami penurunan cukup signifikan jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu yang berkisar 12 persen.

"Angka pengangguran di Indonesia termasuk kecil. Oleh karena itu, sekarang kami berusaha untuk menekan angka pengangguran sampai di bawah lima persen sebelum 2014," ujar Syarifuddin.

Menurut Syarifuddin, di negara-negara besar lainnya, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa, tingkat penganggurannya lebih tinggi dibandingkan Indonesia.

"Saat ini, tingkat pengangguran di Amerika Serikat sudah mencapai delapan persen, bahkan hampir sembilan persen, sedangkan di Eropa di atas 10 persen," ungkap Syarifuddin.

Menurunnya tingkat pengangguran di Indonesia, lanjut Syarifuddin, merupakan dampak positif dari pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat setiap tahun.

Terkait kewirausahaan, Syarifuddin berharap semakin banyak pengusaha muda yang berkualitas dan berwawasan global sehingga mampu memajukan perekonomian Indonesia.
(R027/N002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga