Rabu, 1 Oktober 2014

Presiden akhiri kunjungan kerja ke Amerika Latin

Minggu, 24 Juni 2012 17:38 WIB | 2.727 Views
Presiden akhiri kunjungan kerja ke Amerika Latin
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (ANTARA News/Lukisatrio)
Indonesia dalam KTT G-20 kali ini mendorong upaya pemulihan ekonomi global dengan menyampaikan berbagai usul
Quito (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakhiri rangkaian kunjungan kenegaraannya ke Amerika Latin dan bertolak menuju Jakarta pada Minggu pagi waktu Ekuador.

Presiden beserta rombongan meninggalkan Ekuador setelah mengikuti upacara penghormatan militer di pangkalan militer Quito.

Kepala Negara selama lebih dari sepekan melakukan kunjungan kerja ke Meksiko, Brazil dan Ekuador.

Di Meksiko Presiden menghadiri Pertemuan Puncak G-20 di Los Cabos.

Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan Indonesia dalam KTT G-20 kali ini mendorong upaya pemulihan ekonomi global dengan menyampaikan berbagai usul.

Indonesia, menurut Faizasyah, juga terus mendorong agar kepentingan negara-negara berkembang tetap menjadi bagian dari agenda utama G20, khususnya agenda pembangunan, infrastruktur, dan financial inclusion.

Selain menghadiri KTT G-20, Presiden juga menghadiri KTT Pembangunan Berkelanjutan Rio+20 di Rio de Jenairo, Brasil, pada 20 Juni hingga 22 Juni.

KTT itu diselenggarakan untuk mengevaluasi berbagai kemajuan dan kendala dalam pencapaian sustainable development dalam 20 tahun sejak United Nations Conference on Environment and Development 1992 di Rio de Janeiro, dan dalam 10 tahun sejak World Summit on Sustainable Development tahun 2002 di Johannesburg.

Usai dari Brasil, Presiden melakukan kunjungan kenegaraan ke Ekuador.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kali yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia semenjak hubungan diplomasi kedua negara dibuka pada 29 April 1980, dan merupakan kunjungan balasan atas kedatangan Presiden Ekuador ke Indonesia pada 2007.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga