Sabtu, 25 Oktober 2014

Iran desak Turki dan Suriah menahan diri

| 4.994 Views
id krisis suriah, sekutur suriah, iran minta suriah tahan diri
Teheran meminta kedua pihak tenang dan menahan diri
Teheran (ANTARA News) - Iran mendesak Ankara dan Damaskus "menahan diri" menyangkut tindakan Suriah yang menembak jatuh satu jet tempur Turki, kata media pemerintah Iran, Ahad.

"Teheran meminta kedua pihak tenang dan menahan diri, dan mengharapkan masalah ini dievaluasi dengan bijaksana dan toleransi dan dialog melalui satu penyelesaian damai,tenang dan menjaga stabilitas di kawasan ini," kata Menlu Ali Akbar Salehi yang dikutip media pemerintah.

Ia mengeluarkan imbauan itu dalam satu percakapan telepon dengan sejawat Turkinya Ahmet Davutoglu Sabtu malam.

Iran adalah sekutu paling kuat Suriah yang dilanda konflik 15 bulan yang para pejabat PBB khawatirkan dapat menimbulkan perang saudara.

Turki yang anggota NATO berada di pihak lain sebagai pengecam tindakan keras Presiden Suriah Bashar al-Assad terhadap pemberontak.

Satu baterai anti-pesawat Suriah dekat perbatasan Turki Jumat menembak jatuh sebuah pesawat tempur Phantom Turki yang menurut Damaskus melanggar wilayah udaranya karena terbang rendah dan cepat dari Mediterenia.

PM Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara "akan mengumumkan sikap akhir dan melakukan langkah-langkah yang diperlukan setelah insiden itu dijernihkan seluruhnya."

Suriah dan Turki mengatakan angkatan laut mereka sedang melakukan koordinasi untuk mencari dua pilot Phantom itu.
(RN/B002)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga