Sabtu, 25 Oktober 2014

Menkes: pembagian kondom di tempat tertentu

| 4.485 Views
id Nafsiah Mboi, kempanye kondom, menkes,
Menkes: pembagian kondom di tempat tertentu
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (ANTARA)
membantah adanya penjualan kondom secara bebas seperti di supermarket, mini market
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi mengatakan, pihaknya membagi-bagikan kondom di tempat tertentu guna menghindari tertular penyakit HIV/AIDS.

"Ya hanya membagikannya di tempat-tempat tertentu, seperti di tempat pelacuran, panti pijat, tempat pariwisata dan tempat-tempat yang memiliki resiko seks tinggi," kata Nafsiah di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Ia membantah adanya penjualan kondom secara bebas seperti di supermarket, mini market.

"Sebenarnya tidak benar demikian. Memang pemerintah hanya memberikan kondom gratis itu pada yang miskin. Kemiskinan itu bukan alasan untuk ketularan penyakit. Kemiskinan bukan alasan untuk tidak mendapatkan pelayanan, dan itu hanya sekitar 25 persen," kata Nafsiah.

Untuk kampenye penggunaan kondom, hanya dilakukan kepada orang-orang yang memiliki seks beresiko.

"Itu maksudnya, tapi rupanya dicampuradukan. Nggak ada pembagian kondom kepada remaja," kata Nafsiah.

Menurut dia, sasaran kampanye kondom kepada remaja atau pelajar adalah mereka yang berusia antara 15-24 tahun.

"Ya tidak lah (usia sekolah-red). Misalnya di semua tempat pelacuran, para pekerja seks 34 persen PSK itu perempuan berusia sekitar 15-24 tahun. Mereka menjadi pekerja seks oleh karena dilacurkan, ditraficking, atau dibujuk. Sementara dari laki-lakinya yang membeli seks itu 45 persen berada dibawah usia 25 tahun. Masak mereka tidak berhak mendapatkan informasi dan layanan sehingga tidak ketularan dan menularkan," katanya.

Untuk yang di sekolah-sekolah, lanjutnya, adalah bagaimana soal pentingnya pendidikan agama, moral, kesehatan reproduksi, kemudian pengetahuan tentang narkotika, obat perangsang.
(Zul)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga