Sabtu, 25 Oktober 2014

Iran ucapkan selamat kepada presiden baru Mesir

| 4.232 Views
id presiden baru mesir, mohamed moursi, mohammad moursi, pemimpin baru mesir, pemilihan presiden mesir, presiden mesir, hubungan mesir-iran
Iran ucapkan selamat kepada presiden baru Mesir
Pendukung calon presiden dari Ikhwanul Muslimin Mohamed Moursi merayakan kemenangan Moursi dalam pemilihan presiden di Lapangan Tahrir, Kairo, Mesir, Minggu (24/6).(REUTERS/Ahmed Jadallah)
Teheran (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri Iran mengucapkan selamat atas terpilihnya Mohamed Moursi dari Ikhwanul Muslimin menjadi presiden baru Mesir.

Dalam pernyataan yang dilaporkan Press TV pada Minggu, Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan presiden Mesir akan "memainkan peran efektif dalam pertumbuhan dan keunggulan negara serta mengawali satu era transformasi" dalam sejarah Mesir.

Kepala Komisi Pemilihan Presiden Mesir Farouq Sultan pada Minggu mengumumkan bahwa Moursi  memenangkan pemilihan presiden.

Moursi, yang sekarang memimpin Partai Keadilan, mendapatkan 51,73 persen dari seluruh suara di putaran kedua pemilihan suara, mengalahkan saingannya, mantan perdana menteri Ahmed Shafiq, yang meraih 48,27 persen suara.

Moursi (61) terpilih menjadi presiden Mesir, menggantikan Presiden Hosni Mubarak yang digulingkan dalam revolusi pada awal tahun lalu.

Moursi lahir dari keluarga sederhana di Desa Adwah, Provinsi Syarqiyah, Mesir, pada 20 Agustus 1951. Doktor teknik lulusan Amerika Serikat itu mengetuai Partai Kebebasan dan Keadilan atau Hizbul Hurriyah Wal Adalah, sayap politik Ikhwanul Muslimin.

Sejak 1977 Moursi mulai aktif di Ikhwanul Muslimin dan berulang kali masuk penjara, baik di masa Presiden Anwar Saddat (1970-1981) maupun di era Presiden Hosni Mubarak (1981-2011) atas tuduhan melakukan gerakan bawah tanah untuk menggulingkan pemerintah.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga