Selasa, 21 Oktober 2014

Menpora kukuhkan Kontingen Indonesia untuk ASG 2012

| 2.783 Views
id ASG 2012, Menpora Andi Malarangeng, kukuhkan kontingen Indonesia,
Menpora kukuhkan Kontingen Indonesia untuk ASG 2012
Andi Malarangeng (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Indonesia akan mengirim 225 atlet yang memperebutkan medali di 142 nomor dari 11 cabang olahraga yang dipertandingkan di ASG 2012."

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng secara resmi mengukuhkan kontingen Indonesia untuk ASEAN School Games 2012 yang digelar di Surabaya, 28 Juni-6 Juli 2012.

Indonesia akan mengirim 225 atlet yang memperebutkan medali di 142 nomor dari 11 cabang olahraga yang dipertandingkan di ASG 2012.

"Bismillah, pada hari ini kontingen Merah Putih, kontingen Indonesia, untuk ASG dengan resmi saya kukuhkan. Semoga bisa mengharumkan nama bangsa di ASG 2012," kata Menpora Andi Mallarangeng di Wisma Menpora, Jakarta, Senin.

Menpora mengatakan, Indonesia mempunyai target untuk meningkatkan peringkat dan prestasi sekaligus membina atlet muda dalam kompetisi berskala internasional tersebut.

Deputi Kemenpora Bidang Pembinaan Prestasi Djoko Pekik mengatakan Indonesia mempunyai target untuk meraih paling tidak 36 medali emas dan meningkatkan peringkat.

Sementara itu, Ketua Kontingen Indonesia untuk ASG Tunas Widarto dengan rendah hati mengatakan tim pelajar Indonesia ingin meningkatkan peringkat menjadi runner-up, setelah sebelumnya di ASG 2011 Singapura berada di peringkat tiga.

"Target kami memperbaiki peringkat dari peringkat tiga menjadi runner-up, syukur kalau bisa menjadi juara," kata Tunas.

Dalam pesta olahraga pelajar Asia Tenggara 2012 di Singapura, tim Merah Putih memperoleh 22 emas, 20 perak dan 26 perunggu. Sedangkan peringkat satu diraih para pelajar Thailand dengan 27 emas, 26 perak, 41 perunggu.

Sementara itu, tuan rumah Singapura berada menjadi runner up dengan 26 Emas, 22 Perak, 31 Perunggu.

Beberapa cabang olahraga yang berpeluang menyumbangkan medali emas bagi Indonesia antara lain tenis lapangan, atletik, renang, pencak silat dan bulu tangkis, kata Tunas.

Sebelas cabang yang dipertandingkan di ASG adalah atletik, bulu tangkis, bola basket, golf, senam, pencak silat, sepak takraw, renang, tenis meja, tenis lapangan dan bola voli.

ASG akan diikuti oleh tujuh negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, Filipina, dan tuan rumah Indonesia.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca