Senin, 20 Oktober 2014

Apa itu obesitas?

| 4.132 Views
id obesitas, kegemukan, berat badan, body mass index, badan kesehatan dunia
Apa itu obesitas?
ilustrasi obesitas (flickr/colros)
...ketimpangan energi antara kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dibakar.
Jakarta (ANTARA News) - Kegemukan dan obesitas adalah kondisi di mana seseorang memiliki total lemak tubuh yang berlebihan dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Untuk mengukur apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak, pengujian bisa dilakukan dengan skala indeks massa tubuh atau body mass index (BMI). BMI adalah indeks sederhana yang mengukur rasio berat dan tinggi badan kuadrat dalam meter (kg/m2) orang dewasa.

Menurut standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), bila rasio BMI sama atau lebih dari 25, maka itu termasuk kegemukan. Sementara bila BMI melebihi 30, maka itu obesitas.

Lalu apa yang memicu seseorang menjadi kelebihan berat badan atau bahkan obes?

Penyebab utama obesitas dan kelebihan berat badan adalah ketimpangan energi antara kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dibakar.

Kelebihan berat badan bisa disebabkan oleh konsumsi makanan sarat energi dengan kadar lemak, garam, dan gula yang tinggi tapi miskin vitamin, mineral, dan nutrisi mikro.

Bisa juga obesitas disebabkan oleh kurang olahraga, kurang gerak, dan pola hidup di perkotaan--yang sering kali kurang menguras energi fisik.
(E012)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga