Rabu, 3 September 2014

Microsoft sedang kerjakan teknologi untuk mobil

Selasa, 26 Juni 2012 01:34 WIB | 6.176 Views
Microsoft sedang kerjakan teknologi untuk mobil
Ilustrasi: Windows 8, sistem operasi PC terbaru dari Microsoft. (ANTARA News/Lukisatrio)
Jakarta (ANTARA News) - Microsoft tengah mengembangkan sebuah aplikasi generasi berikutnya dari "the Connected Car Platform", yang memungkinkan pengguna tetap bisa mengakses informasi meski sedang berkendara atau berada di dalam mobil.

Aplikasi itu sedang dikerjakan oleh the Microsoft Connected Car team, melanjutkan langkah Microsoft dalam 14 tahun terakhir, menyediakan berbagai iterasi melalui Windows Embedded Automotive yang sudah digunakan oleh produsen mobil seperti Honda, Nissan, BMW, Mercedez-Benz, Aston Martin, dan McLaren.

Teknologi komunikasi mutakhir yang sudah dikembangkan Microsoft sebelumnya, memungkinkan pengguna dapat mengakses informasi perjalanan, hiburan, dan kontrol asesoris hanya melalui perintah suara atau antarmuka sentuh.

Produk itu diklaim Microsoft telah mampu meningkatkan sekitar 35 persen penjualan mobil di Amerika Serikat dan adopsi telematika hingga 70 persen.

"Namun ambisi kami tidak berakhir di sana. Untuk generasi berikutnya dari Connected Car Platform, kami berencana untuk memanfaatkan kekuatan penuh dari ekosistem termasuk Microsoft Kinect, Windows 8, Windows Phone, Windows Live, Bing, Azure, dan Tellme," kata Microsoft dalam iklan rekruitmen insinyur untuk pengembangan teknologi itu.

Dalam iklan yang dipublikasikan di web site-nya baru-baru ini, Microsoft mengatakan bahwa kombinasi penginderaan lokal, identifikasi pengguna, akses cloud, dan data mining, akan mengubah mobil mendatang dari pasif menjadi asisten cerdas baik untuk pengemudi maupun penumpangnya.

The new Connected Car, kata Microsoft, akan mengetahui benar kebutuhan pengemudi dan berinteraksi secara alamiah melalui ucapan, gerak tubuh, dan pelacakan wajah (face tracking).

Melalui katalog aplikasi yang makin banyak, aplikasi atau perangkat itu akan menginformasikan dan menghibur pengendara mobil dan penumpangnya, demikian Microsoft.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca