Senin, 22 Desember 2014

Siprus minta pinjaman talangan zona euro

| 3.328 Views
id siprus minta talangan, zona euro, krisis yunani
Tujuan dari bantuan yang dibutuhkan adalah mengatasi risiko terhadap perekonomian Siprus..."
Nicosia (ANTARA News) - Siprus pada Senin malam mengumumkan bahwa pihaknya meminta bantuan dari mitra zona euro, menjadi yang kelima dari 17 negara yang berbagi euro mencari dana penyelamatan.

"Pemerintah Republik Siprus hari ini telah memberitahu pihak berwenang Eropa tentang keputusannya untuk menyampaikan kepada negara anggota kawasan euro permintaan bantuan keuangan," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Siprus, lapor AFP.

Pernyataan itu tidak menentukan angka bantuan yang diminta meskipun media lokal berspekulasi itu akan berada di wilayah lima miliar euro (6,4 miliar dolar AS).

Juga tidak menyatakan apakah mereka mencari dana talangan (bailout) pemerintah atau dana untuk rekapitalisasi bank, tetapi pernyataan itu mengatakan permohonan bantuan merupakan konsekuensi dari pengurangan nilai utang (write-down) Yunani yang merugikan lembaga keuangannya.

Pemerintah Siprus telah selalu menekankan bantuan keuangan yang mereka butuhkan hanya untuk membantu rekapitalisasi sistem perbankan yang relatif besar terhadap memburuknya krisis euro.

Seorang diplomat Uni Eropa mengatakan pekan lalu bahwa Siprus pertama akan meminta Rusia pinjaman hingga 5,0 miliar euro, telah dijamin 2,5 miliar euro pinjaman berbunga rendah dari Moskow untuk menutupi kebutuhan pembiayaan kembali untuk tahun ini.

Siprus dengan demikian menyusul Yunani, Irlandia, Portugal dan Spanyol yang secara resmi meminta bantuan dari zona euro.

Pemerintah Siprus mengatakan bahwa write-down dari obligasi Yunani telah memukul keras perbankannya dan mendorongnya untuk mencari bantuan.

"Tujuan dari bantuan yang dibutuhkan adalah mengatasi risiko terhadap perekonomian Siprus, terutama yang timbul dari efek spillover negatif pada sektor keuangan, akibat paparan yang besar terhadap perekonomian Yunani," pernyataan itu menambahkan.

Siprus juga bisa mencari pinjaman luar negeri baik dari Rusia atau China gunan menutupi kebutuhan pembiayaan kembali utang untuk 2013.

Permintaan Siprus dikonfirmasi hanya beberapa jam setelah Spanyol secara resmi meminta penyelamatan perbankan. Kedua permintaan sedang dilihat Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa dan/atau Mekanisme Stabilitas Eropa untuk dibantu.

Tidak ada data yang dipublikasikan oleh Madrid, tetapi pemerintah zona euro telah sepakat untuk menempatkan hingga 100 miliar euro (125 miliar dolar AS) dalam bentuk pinjaman.

Berita ini muncul karena Siprus bersiap untuk mengambil giliran presiden Uni Eropa selama enam bulan pada 1 Juli.

Fitch Ratings pada Senin pagi menurunkan peringkat utang Siprus, karena permintaan penyelamatan yang secara luas telah diantisipasi dalam beberapa minggu terakhir.

Fitch mengatakan penurunan peringkat "terutama disebabkan eksposur perusahaan dan rumah tangga Yunani kepada tiga bank terbesar -- Bank of Cyprus, Cyprus Popular Bank and Hellenic Bank."

Lembaga pemeringkat kredit itu mengatakan, bank-bank Siprus akan memerlukan suntikan modal berpotensi hingga 4,0 miliar euro (5,0 miliar dolar AS) -- 24 persen dari produk domestik bruto pulau itu -- di samping 1,8 miliar euro yang sudah dialokasikan untuk Cyprus Popular Bank.

Yunani telah dipaksa untuk mencari dana talangan dua kali dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional, pertama untuk 110 miliar euro pada 2010 dan kemudian untuk 130 milar euro awal tahun ini. Yunani juga memiliki 107 miliar euro penghapusan utang swasta.

Portugal sepakat untuk langkah-langkah reformasi dan penghematan pada Mei 2011 dalam pertukaran untuk paket 78 miliar euro.

Irlandia terpaksa meminta IMF dan Uni Eropa untuk sebuah bailout 85 miliar euro pada November 2010.

Presiden Siprus Demetris Christofias telah menyerukan pertemuan darurat para pemimpin partai pada Selasa untuk membahas keadaan resesi yang memukul ekonomi lokal.

Dia enggan mencari sebuah bailout Uni Eropa karena takut akan konsekuensi langkah-langkah penghematan lebih keras yang dikenakan oleh Brussel.

Siprus sangat protektif terhadap tarif pajak korporasi rendah 10 persen yang membantu untuk menarik investasi asing yang sangat dibutuhkan.

Baik bank pemerintah maupun bank komersial telah dapat meminjam dari pasar uang internasional sejak Juni tahun lalu, karena utang pulau itu dipangkas menjadi status sampah oleh dua dari tiga lembaga kredit internasional.

Penurunan peringkat pada Senin oleh Fitch hanya memperparah situasi yang sudah genting. (A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Terpopuler
Baca Juga