Jumat, 31 Oktober 2014

Alumni NBA berbagi ilmu

| 6.802 Views
id alumni nba, coaching clinic, mantan bintang nba, lucius allen
Dalam bola basket, jangan coba-coba melakukan gerakan, jika kamu tidak menguasai gerakan tersebut
Jakarta (ANTARA News) - Mantan bintang NBA yang saat ini tergabung dalam USA Pro Ball Alumni berbagi ilmu dengan sejumlah pebasket muda Indonesia dalam coaching clinic di Arena Basket STC Senayan, Jakarta, Selasa.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari ajang kolaborasi eks bintang NBA dengan para bintang bola basket NBL Indonesia yang bertajuk Flexy National Basketball League (NBL) Indonesia All-Star 2012 feat. USA Pro Ball Alumni.

Sekitar 50 pebasket muda Indonesia berkesempatan mendapatkan pelatihan dan pengalaman baru dari empat mantan bintang NBA yakni Jason Williams, Vin Baker, Ricky Pierce, dan Duane Causwell.

"Coaching clinic ini sangat seru. Kami lebih termotivasi untuk bermain basket selain mendapat ilmu dan pengalaman baru dari para bintang NBA," kata pebasket muda Cristopher setelah coaching clinic selesai.

Pebasket dari tim Aspac Junior tersebut mengaku mendapatkan pelatihan yang berbeda dari kegiatan latihan yang selama ini dia lakukan.

"Kami diajari cara menembak, passing bawah, positioning, dan juga drible. Cara mengajar mereka berbeda. Lebih mendasar," kata pebasket yang mengidolakan Jason Williams tersebut.

Senada dengan Cristopher, pebasket putri dari SMA 116 Ragunan, Christie Apriyani, mengaku senang mendapatkan pengalaman berharga dari para mantan bintang NBA tersebut.

"Ini merupakan pengalaman yang bagus karena kami bisa mendapatkan ilmu dan berbagi dengan pemain asing. Belum tentu kami bisa mendapatkan kesempatan seperti ini lagi," kata Christie yang bergabung dalam klub Pokeba tersebut.

Sementara itu, pelatih legendaris NBA Lucius Allen, yang ikut serta memberikan pelatihan bersama USA Pro Ball Alumni menyambut baik antusias para pebasket muda Indonesia.

"Mereka mempunyai talenta yang sangat bagus. Mereka mempunyai pengendalian bola yang bagus. Untuk level seperti mereka, bukan kemampuan menembak yang utama, namun teknik yang perlu dikuasai. Mereka sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan ini," kata Lucius Allen.

Mantan rekan satu tim Kareem Abdul Jabar di Milwaukee Bucks tersebut mengatakan pebasket muda Indonesia harus menikmati permainan, bekerja keras dalam latihan dan berusaha untuk mengembangkan teknik permainan agar bisa menjadi pebasket yang handal.

"Coba lakukan hal yang belum kamu kuasai. Saya dulu kurang bagus menggunakan tangan kiri saya. Namun setelah latihan serius saya bisa menggunakan tangan kiri dengan baik," kata Allen.

"Dalam bola basket, jangan coba-coba melakukan gerakan, jika kamu tidak menguasai gerakan tersebut. Kalian harus menguasainya terlebih dahulu," kata Allen yang mengaku masih sering bermain bola basket kendati sudah berumur 64 tahun.

Ia menyarankan agar dalam mempelajari satu gerakan, para pebasket muda itu mempelajarinya melalui rekaman video.

Bintang USA Pro Ball Alumni tersebut akan berkolaborasi dengan dua tim all-star NBL di C-Tra Arena Bandung, 27 Juni dan DBL Arena Surabaya 30 Juni mendatang.

(A059)



Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga