Rabu, 20 Agustus 2014

Laporan hasil pemeriksaan BPK final dan mengikat

Selasa, 26 Juni 2012 19:22 WIB | 2.476 Views
Laporan hasil pemeriksaan BPK final dan mengikat
Hadi Poernomo (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Hadi Poernomo menegaskan bahwa setiap laporan hasil pemeriksaan BPK bersifat final dan mengikat (final and binding) sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 15 Tahun 2004, UU No. 15 Tahun 2006, dan Pasal 23 E UUD 1945.

"Laporan hasil pemeriksaan BPK adalah bersifat final dan mengikat," katanya dalam siaran pers Selasa.

Hadi mengatakan bahwa BPK melaksanakan tugas pemeriksaan berdasarkan amanah konstitusi dan perundang-undangan yang pelaksanaannya secara independen dengan selalu menjaga integritas dan menjunjung tinggi profesionalisme.

Ia menegaskan bahwa laporan hasil pemeriksaan BPK bersifat final dan mengikat. Dengan demikian, wajib ditindaklanjuti oleh pihak yang diperiksa (auditee).

Badan Pemeriksa Keuangan menyadari bahwa upaya memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara dengan mendorong pengelolaan keuangan negara yang terbuka dan transparan tersebut mustahil BPK sendiri yang melaksanakannya.

"Oleh karena itu, perlu sinergi antara BPK dan lembaga negara/instansi yang mengelola keuangan negara," katanya menandaskan.

Adapun tujuannya, kata dia, bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel, tanpa harus mencampuri tugas dan fungsi masing-masing.
(B008/D007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga