Kamis, 18 Desember 2014

Siman masih menunggu keputusan FINA

| 2.056 Views
id I Gede Siman Sudartawa, Siman, atlet renang, atlet renang olimpiade
Siman masih menunggu keputusan FINA
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa, peraih empat medali emas SEA Games 2011. (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)
Kalau tidak jadi dikirim ke Olimpiade London? "Ya sedih juga
Jakarta (ANTARA News) - Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, masih menunggu keputusan dari Federasi Renang Internasional (FINA) untuk turun di Olimpiade London 2012 atau tidak.

Pada surat resmi dari FINA yang diberikan Rabu (20/6) lalu, FINA hanya memberi pengesahan untuk Siman yang tampil di Olimpiade nanti karena Indonesia hanya diberi jatah satu atlet.

"Tetapi Glenn protes, nah sekarang masih diproses," kata Siman usai acara penyerahan perlindungan asuransi PT Bank Central Asia (BCA) kepada kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade London, di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, ada empat perenang Indonesia yang menembus limit waktu B Olimpiade yakni Glenn Victor (100 meter gaya kupu) dan Triadi Fauzi (200 meter gaya kupu) melalui kejuaraan renang di Singapura 2011.

Sedangkan I Gede Siman Sudartawa (100 meter dan 200 meter gaya punggung) dan Indra Gunawan (100 meter gaya dada) melalui SEA Games 2011.

Pada Olimpiade London 2012, kuota perenang yang tampil dibatasi sebanyak 500 atlet. Hal itu jauh berbeda dengan Olimpiade di Beijing, China 2008 yang berjumlah kuota 1500 atlet.

Siman mengaku selagi menunggu keputusan selanjutnya dari FINA, terus meningkatkan kualitas latihan. Selain itu, ia juga akan turut dalam laga ASEAN School Games IV yang akan digelar pada 28 Juni hingga 6 Juli 2012 di Surabaya, Jawa Timur sebagai ajang latihan.

"Disarankan pelatih untuk ikut sekalian berlatih sambil bertanding dan agar bisa dievaluasi kekurangannya dimana," kata atlet asal Bali yang akan mewakili provinsi Riau di Pekan Olahraga Nasional September mendatang.

"Kalau sehari-hari ditingkatkan fitnesnya, bebannya ditambah pelan-pelan," ujarnya.

Sementara itu, Siman berhasil meningkatkan kecepatan waktunya dari 55.9 detik menjadi 55.31 detik pada kejuaraan renang di Singapura 2012 lalu.

"Target di Olimpiade nanti kalau bisa waktunya menjadi 54.6 detik agar bisa masuk 16 besar," ujar Siman mengenai target jika ia dipastikan berangkat ke Olimpiade.

Kalau tidak jadi dikirim ke Olimpiade London? "Ya sedih juga," ucapnya seraya tertawa.

(M047)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga