Jumat, 24 Oktober 2014

Rekan kerja paling dihindari di jejaring sosial

| 4.363 Views
id kontak jejaring sosial, pengguna jejaring sosial, situs jejaring sosial, tren jejaring sosial
Rekan kerja paling dihindari di jejaring sosial
Jejaring sosial populer (ANTARA News/Lukisatrio)
Jakarta (ANTARA News) - Rekan kerja merupakan daftar kontak yang paling dihindari di situs-situs jejaring sosial, demikian hasil survei Yahoo! TNS Net Index 2012.

"Para pemilik akun di jejaring sosial seperti Facebook ataupun Twitter akan semakin memilih teman bersosialisasi di dunia maya dan semakin membatasi jumlah teman sehingga lingkaran kontak mereka semakin kecil," kata Penasehat Klien Lembaga Riset TNS Indonesia, Jhoni Tuerah, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Survei tersebut menunjukkan teman reguler (sehari-hari) menempati urutan pertama dari daftar kontak yang akan masuk dalam lingkaran jejaring sosial, diikuti teman lama yang telah-hilang-kontak, dan anggota keluarga di urutan ketiga.

Sementara, mereka yang telah ditemui dua kali secara langsung dan mereka yang tinggal di luar kota atau negara menempati urutan kedua dan ketiga terakhir yang akan masuk dalam lingkaran kontak di jejaring sosial.

"Seseorang akan merasa lebih nyaman dan menjadi berbeda dibanding obrolan sehari-hari ketika mengemukakan pikirannya di situs jejaring sosial," kata Jhoni.

Jhoni menambahkan situs berita menerima lebih banyak 'like' oleh pengguna Facebook (38 persen), yang disusul selebritis (31 persen), merek produk (19 persen), dan acara televisi (16 persen).

Survei Yahoo! Net Index melibatkan responden sebanyak 3.365 orang yang diambil dari media non-internet dan 1.762 orang dari media internet.

Para responden berasal dari Jakarta, Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi (Bodetabek), Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar.

(I026)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca