Rabu, 22 Oktober 2014

Sepeda motor BBG siswa Karawang diperkenalkan

| 2.802 Views
id modifikasi sepeda motor bbg, smk baetussadiyah tirtamulya
Katup itulah yang kemudian mengarahkan gas dari membran menuju karburator sebagai ruang bakar."
Karawang (ANTARA News) - Modifikasi sepeda motor berbahan bakar gas (BBG) hasil inovasi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Baetussa`diyah Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai diperkenalkan kepada masyarakat, Selasa.

Dalam rapat "minggon"  yang digelar pihak kecamatan setempat, dihadiri aparat desa dan perwakilan masyarakat setempat, Kepala SMK Yayasan Baetussa`diyah Tirtamulya, Aden Burhanudin, mengaku bangga atas inovasi anak didiknya.

Bahkan, ada beberapa aparat desa yang mengusulkan agar mesin traktor dan pompa untuk petani juga diganti bahan bakarnya dari solar menjadi gas seperti sepeda motor tersebut.

Menurut dia, sepeda motor yang menggunakan gas elpiji ukuran tiga kilogram tersebut pernah diujicoba hingga ke Kabupaten Subang.

Sekilas sepeda motor yang telah dimodifikasi oleh siswanya itu banyak tertempel selang di bodinya.

Satu tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram sebanding dengan delapan liter bahan bakar minyak untuk jarak tempuh 600 kilometer.

Kepala Program Studi Teknik Sepeda Motor SMK Yayasan Baetussa`diyah Tirtamulya, Syaiful Riyono, mengatakan, sistem pembakaran motor itu dimulai dari pembukaan kran gas tabung untuk mengalirkan gas ke sistem pembakaran melalui membran yang diberi katup.

"Katup itulah yang kemudian mengarahkan gas dari membran menuju karburator sebagai ruang bakar," katanya.

Untuk penyempurnaan modifikasi itu, pihak sekolah akan meletakkan tabung gas tersebut di bagian dalam motor. Selain untuk menjaga penampilan, hal tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan faktor keselamatan.

"Kalau posisi tabung gas diletakkan di luar, khawatir jika terjatuh. Jadi rencananya tabung gasnya akan disimpan di dalam bodi motor," kata dia.  (MAK/D007)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca