Selasa, 2 September 2014

Bank tertua dunia kurang modal, Italia suntik dana

Selasa, 26 Juni 2012 20:59 WIB | 2.593 Views
Bank tertua dunia kurang modal, Italia suntik dana
Ilustrasi - Kantor Banca Monti dei Paschi di Siena, bank tertua di dunia yang berdiri sejak 1472. (istimewa)
Milan (ANTARA News) - Pemerintah Italia, Selasa mengatakan, ia akan menyediakan Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS), bank tertua di dunia, hingga dua miliar euro (2,49 miliar dolar AS) untuk menutupi kekurangan modal.

Pemerintah telah mengadopsi "langkah-langkah mendesak untuk mengumpulkan dana modal BMPS itu," katanya dalam sebuah pernyataan, karena Italia berupaya mencegah penularan krisis utang.

Bantuan diperlukan karena bank telah mengakui pihaknya "kemungkinan" menemukan investor swasta untuk meningkatkan dana karena "kondisi pasar saat ini sangat volatile" sehubungan meningkatnya krisis zona euro, kata pemerintah. Demikian diberitakan AFP yang dipantau ANTARA News di Jakarta, Selasa.

Bantuan keuangan itu akan memungkinkan bank Tuscan, yang didirikan pada 1472 itu, membawa tingkat rasio modal inti tier satunya menjadi 9,0 persen dari total aset, sehingga sesuai dengan aturan Otoritas Perbankan Eropa (EBA).

Selain bantuan itu, Roma akan mengganti pinjaman yang diberikan kepada bank itu pada 2009 dengan pinjaman baru, sehingga jumlah total bantuan yang disalurkan ke BMPS menjadi maksimum sebesar 3,9 miliar euro.

(A026)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga