Jakarta (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menambah kapasitas penerbangan untuk memenuhi permintaan tempat duduk selama tujuh hari jelang dan setelah (H-7 hingga H+7) Lebaran 2012.

"Untuk memenuhi harapan para pengguna jasa akan ketersediaan tempat duduk selama Idul Fitri 1433 Hijriah, mulai 15-26 Agustus 2012, Garuda Indonesia menambah kapasitas sebanyak 20.484 kursi," kata Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto, dalam pernyataan tertulisnya, Selasa.

Rute penerbangan yang mendapatkan tambahan tempat duduk adalah rute Jakarta-Denpasar pergi pulang (PP) sebanyak 6.872 kursi yang terbagi dalam 26 penerbangan tambahan.

Selanjutnya rute Jakarta-Singapura PP sebanyak 8.260 kursi yang terbagi dalam 28 penerbangan tambahan, rute Jakarta-Padang PP sebanyak 3.484 kursi yang terbagi dalam 26 penerbangan tambahan dan Jakarta-Yogyakarta PP sebanyak 1.872 kursi yang terbagi dalam 12 penerbangan tambahan.

"Garuda Indonesia belum menambah kapasitas rute-rute penerbangan ke Medan, Surabaya, Balikpapan, Palembang karena frekuensi penerbangan ke kota-kota tersebut cukup tinggi, yaitu di atas 10 kali sehari sehingga permintaan yang ada masih dapat dipenuhi dengan kapasitas yang tersedia saat ini," ungkap Pujobroto.

Peningkatan kapasitas kursi ke rute-rute yang mengalami penambahan permintaan dilakukan dengan mengalihkan pengoperasian pesawat dari rute-rute yang tidak terlalu padat ke rute-rute yang mengalami peningkatan permintaan cukup besar.

Apabila selama periode H-7 sampai H+7 pada 2011 Garuda Indonesia menyiapkan sebanyak 804.000 tempat duduk, maka pada periode yang sama tahun ini Garuda menyiapkan sebanyak 878.000 tempat duduk atau meningkat 74.000 tempat duduk.

Selain itu, Citilink selaku unit bisnis Garuda juga mengalami peningkatan kursi penerbangan reguler selama periode H-7 sampai H+7 2012 sebanyak 70.560 kursi dibanding tahun lalu.

Jumlah kapasitas kursi Citilink pada periode H-7 sampai H+7 tahun 2012 mencapai 176.400 tempat duduk, meningkat dibanding 2011 yang sejumlah 105.840 tempat duduk.

Artinya, dibanding periode yang sama tahun lalu, total peningkatan jumlah kursi yang disiapkan oleh Garuda dan Citilink pada periode H-7 sampai H+7 Lebaran 2012 adalah sebanyak 144.560 tempat duduk.

Dalam mengantisipasi lonjakan arus penumpang selama periode libur sekolah dan Lebaran, Garuda membentuk Tim Pelaksana dan Pemantau Pelayanan Penumpang (TP-4) untuk memastikan peningkatan layanan bagi penumpang.

Garuda Indonesia juga menerapkan kebijakan operasional "flexible response" yaitu kebijakan merespon berbagai perkembangan yang terjadi secara fleksibel, sehingga perencanaan penambahan kapasitas kursi berdasarkan kondisi di lapangan dan diputuskan sesegera mungkin secara langsung.

Sejalan dengan penambahan kapasitas kursi, Garuda Indonesia juga menambah staf  di darat dan fasilitas di bandar udara Soekarno-Hatta.

"Kami menghimbau agar para penumpang merencanakan perjalanan sedini mungkin, dan tidak melakukan penggantian reservasi secara mendadak," kata Pujobroto.

Ketika melakukan reservasi, para penumpang diminta memastikan nama tiket sesuai dengan nama di kartu identitas serta menyampaikan nomor telepon yang dapat dihubungi sewaktu-waktu.

Para penumpang juga di imbau untuk menggunakan fasililitas "city check-in" di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia, serta "kios check-in" yang berada di Garuda Galery Senayan, Jakarta dan di bandara untuk mengindari antrean panjang di konter "check-in" bandara.
(Tz.D017/R010)