London (ANTARA News) - Rafa Nadal membutuhkan tenaga ekstra untuk lolos ke putaran selanjutnya di turnamen tenis Wimbledon, Selasa, sedangkan Serena Williams dengan cepat menemukan irama pemainan untuk maju ke putaran kedua.

Petenis Spanyol, Nadal, dalam usaha menambah gelar yang diraihkan pada 2008 dan 2010, sempat kecolongan 0-4 melawan petenis Brazil Thomaz Bellucci pada laga di Centre Court, sebelum memenangi pertandingan 7-6 6-2 6-3 dalam waktu dua jam 15 menit.

Williams, sehari setelah saudaranya Venus tersingkir pada putaran pertama turnamen itu, memperbaiki pamor keluarga dengan mengukir angka kemenangan 6-2 6-4 atas petenis dari Ceko, Barbora Zahlavova Strycova. Demikian diberitakan Reuters yang dipantau oleh ANTARA News di Jakarta, Rabu.

Petenis favorit tuan rumah Andy Murray, anggota terakhir dari "empat besar" di bagian putera yang tampil di turnamen lapangan rumput minggu ini, juga tampil mengesankan, ketika mengalahkan mantan nomor tiga dunia dari Rusia, Nikolay Davydenko, dengan kecolongan hanya enam game.

Petenis "wildcard" Lleyton Hewitt, juara 2002, kalah 6-3 6-4 6-4 atas petenis peringkat kelima dari Prancis Jo-Wilfried Tsonga dan peringkat ke-20 Bernard Tomic membuat kejutan ketika kalah 3-6 6-3 6-4 6-4 atas petenis "wildcard" dari Belgia David Goffin, sehingga tidak ada petenis Australia ke putaran kedua dan untuk pertama kalinya sejak 1938.

Juara bertahan puteri Petra Kvitova mendapat kehormatkan dengan adanya semacam upacara di Centre Court, merupakan acara tradisional "Ladies Day" yang diadakan di All England Club.

Seperti halnya Nadal, ia juga lama menemukan irama permainan sebelum mengalahkan petenis dari Uzbekistan Akgul Amanmuradova 6-4 6-4 pada pertandingan yang sempat terganggu karena turun hujan. Hujan semakin deras, sehingga pertandingan lain, di antaranya laga Caroline Wozniacki serta Andy Roddick, harus ditunda dan dilakukan lagi Rabu.

Sedangkan pemain nomor satu dunia Victoria Azarenka tanpa keslutihan mengalahkan Irina Falconi 6-1 6-4 sedangkan mantan juara Prancis Terbuka Francesca Schiavone, unggulan ke-24, bermain alot dan sempat kecolongan saat mencetak angka kemenangan 2-6, 6-2, 6-4, ketika melawan petenis favorit tuan rumah, Laura Robson.

(A016)