Rabu, 17 September 2014

Masyarakat pesisir tanam mangrove, kembangkan tambak

Rabu, 27 Juni 2012 14:06 WIB | 6.774 Views
Masyarakat pesisir tanam mangrove, kembangkan tambak
Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya(kanan) (FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani)
Tangerang (ANTARANews) - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memprogramkan pemberdayaan masyarakat pesisir di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, yang akan dilakukan dengan membantu rehabilitasi tambak dan peternakan bebek sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat setempat.

"Saya sudah pesan tadi bahwa kegiatan kita tidak hanya menanam mangrove tapi ada kegiatan lain dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dan sudah diprogramkan akan ada bantuan rehabilitasi tambak dan ternak bebek," kata Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya di Tangerang, Rabu.

Menteri Lingkungan Hidup melakukan penanaman mangrove di Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga,Tangerang dalam program Aksi Rehabilitasi Pantai Entaskan Masyarakat Setempat (RANTAI EMAS).

Bantuan pemberdayaan tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan terutama saat laut tidak bersahabat ketika musim angin laut, ibu-ibu dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga lewat tambak dan ternak bebek.

Selain punya kegiatan yang bisa membantu keluarga juga dapat meningkatkan pendapatan, tambah Kambuaya.

Selama ini baru dilakukan adalah penanaman mangrove oleh 50 orang perempuan di kampung tersebut yang sudah dimulai sejak 2011. Mereka dibayar sebesar Rp100 ribu per bulan selama delapan bulan untuk menanam dan memelihara mangrove.

Mangrove memiliki banyak manfaat di antaranya sebagai penahan abrasi atau pengikisan pantai serta habitat biota laut yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Salah seorang warga Kampung Garapan, Tanjung Pasir, Siti Aminah, mengatakan rehabilitasi tambak dan peternakan bebek memang menjadi harapan mereka untuk membantu keluarga.

"Senang harapan kami untuk bisa punya kegiatan dan pendapatan akan terwujud, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga," kata Siti Aminah.
(D016)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga