Selasa, 29 Juli 2014

Iran mungkin hentikan impor dari Korea Selatan

Rabu, 27 Juni 2012 16:00 WIB | 4.531 Views
Seoul (ANTARA News) - Iran mungkin menghentikan semua impor dari Korea Selatan sebagai bentuk protes terhadap rencana Seoul menghentikan impor minyak dari Teheran.

Dalam wawancara dengan Kantor Berita Yonhap, Duta Besar Iran Ahmad Masumifar menyatakan negara Teluk Persia itu "dapat memutuskan sepenuhnya menghentikan impor barang Korea" jika Korea Selatan memberlakukan larangan impor minyak Iran.

Utusan Iran itu juga mengatakan bahwa tindakan Seoul bisa menjadi "hambatan serius" bagi ekspor perusahaan Korea Selatan ke Iran.

Komentar itu muncul setelah Korea Selatan menyatakan akan menghentikan impor minyak dari Iran mulai 1 Juli menyusul kebijakan Uni Eropa melarang asuransi bagi kapal pengangkut minyak Iran.

Dewan urusan Luar Negeri Uni Eropa Senin lalu memutuskan untuk melarang semua jenis asuransi pengiriman minyak Iran mulai 1 Juli mendatang.

Karena perusahaan pelayaran lokal tidak dapat membawa minyak mentah dari Iran tanpa asuransi dari  perusahaan Eropa maka Korea Selatan akan dipaksa untuk melarang impor minyak Iran, kata Departemen Strategi dan Keuangan negara itu.

Asuransi Eropa kini mencakup semua perlindungan dan jaminan ganti rugi pada pengiriman minyak Iran ke Korea Selatan, kata kementerian tersebut.

Kementerian menambahkan bahwa ketergantungan pada asuransi Eropa dalam pengiriman kargo dan kapal berkisar antara 70 sampai 90 persen.

Korea Selatan mengimpor 87.180.000 barel minyak dari Iran pada 2011, naik 20,1 persen dari tahun sebelumnya. Impor minyak tahun lalu dari Iran menyumbang 9,4 persen dari total kebutuhan Korea Selatan.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga