Jakarta (ANTARA News) - Vaksin merupakan salah satu instrumen penting dalam pencapaian MDG's, kata Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Iskandar, dalam pidato pembukaan Forum Riset Vaksin Nasional (FRVN) kedua di Jakarta, Rabu.

Penyakit infeksi seperti HIV/AIDS, TB, dan malaria, adalah tiga jenis penyakit yang harus dikendalikan, sesuai dengan target dalam butir-butir MDG's.

Iskandar juga mengatakan bahwa ketiga penyakit infeksi tersebut termasuk ke dalam Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Sementara itu, pengembangan vaksin terutama untuk tiga penyakit infeksi tersebut sudah didiskusikan pada FRVN pertama yang digelar pada tahun lalu.

"FRVN kembali diselenggarakan dengan tujuan untuk memperlihatkan perkembangan dari masing-masing konsorsium yang telah terbentuk pada FRVN pertama," ujar Iskandar. Iskandar menambahkan, konsorsium yang telah terbentuk itu dapat menyusun rencana mengenai sistem riset dan pembangunan vaksin nasional, dengan menggunakan strategi yang berkesinambungan.

"Saya berharap, semoga elemen dasar dan faktor lain seperti industri dan aspek regulatori, dapat mencapai target vaksin yang diharapkan," ujar Iskandar.

Dia juga menambahkan bahwa riset vaksin memerlukan sinergi antara pihak pemerintah, akademisi dan industri.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012