Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan mendukung hak Iran menggunakan tenaga nuklir secara damai.

Saat berbicara dalam acara jaringan TV "Rusia 24" pada Selasa sore, Putin menekankan bahwa Moskow percaya Iran berhak menggunakan tenaga nuklir damai, dengan jaminan program nuklirnya tidak untuk membuat senjata nuklir.

Dia menambahkan, "Meskipun masalah Iran adalah tidak sederhana, saya percaya masalah ini harus diselesaikan melalui cara damai dan dialog serta melalui mengamati 'hak-hak' Iran.

Iran juga harus menawarkan jaminan kepada masyarakat dunia bahwa program nuklirnya tidak akan mengarah pada produksi senjata atom dan proliferasi senjata pemusnah massal, tambah Putin.

Presiden Putin dalam pertemuan terakhir dengan Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad di Beijing mengatakan, bahwa Moskow akan selalu mendukung hak Iran untuk menggunakan energi nuklirnya untuk kepentingan damai.

Dia telah mengatakan bahwa Iran dapat menggunakan energi nuklir hanya untuk tujuan damai, dan menambahkan bahwa Moskow benar-benar berkomitmen untuk non-proliferasi senjata nuklir, demikian seperti yang dilaporkan IRNA.

(H-AK)