Jumat, 19 Desember 2014

800 pecatur muda ikuti Kejurnas di Jakarta

| 7.069 Views
id PB Percasi, kejurnas catur junior di Jakarta, pendataan poin pecatur junior, Sekjen P Percasi, Hendry Hendratmo
Ini yang ketiga kalinya, dan sudah menjadi tradisi kejurnas catur junior diselenggarakan menjelang PON, dan ini sekaligus sebagai pendataan poin terhadap para pecatur junior."

Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Peratuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) tidak henti berupaya menyaring bibit pecatur muda dengan menggelar Kejurnas Catur Junior 2012 pada 2 - 5 Juni di Jakarta, sekaligus sebagai pendataan poin pecatur junior.

Kejurnas catur junior yang akan diikuti sekitar 800 pecatur muda dari 14 pengprov Percasi se Indonesia itu, merupakan yang ketiga kalinya setelah pertama berlangsung di Karawang, Jabar pada 2004 dan di Bandung, Jabar pada 2008.

"Ini yang ketiga kalinya, dan sudah menjadi tradisi kejurnas catur junior diselenggarakan menjelang PON, dan ini sekaligus sebagai pendataan poin terhadap para pecatur junior," kata Sekjen PB Percasi Henry Hendratno kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

"Poin yang diperoleh pecatur itu penting sebagai pegangan mereka untuk bisa masuk seleknas catur, terutama untuk bisa terpilih sebagai pecatur yang diikutkan dalam olimpiade catur misalnya," kata Henry.

Ketika ditanya apakah ada batasan terhadap atlet catur yang boleh diikutkan oleh setiap daerah masing-masing, Sekjen PB Percasi mengatakan tidak ada batasan asal pecatur tersebut tidak lagi melebihi kelompok umur.

"Tentu saja yang akan ikut dalam kejurnas ini para pecatur junior yang diandalkan oleh setiap daerah masing-masing, dan kami tidak membatasi keikutsertaan mereka meskipun dari mereka memiliki gelar seperti master internasional dan lainnya," tambahnya.

Sementara itu menurut panitia kejuarnas Rikardo, pertandingan catur standar dalam kejurnas junior ini dibagi dalam beberapa kelompok umum.

" Kejurnas catur junior 2012 ini di bagi dalam beberapa kelompok umur, yaitu; junior A dibawah 20 tahun, B (-18), C (-16), D (-14), E (-12), F (-10), G (-8), seluruhnya putra dan putri, dengan total hadiah Rp54 juta," kata Rikardo.

"Selain hadiah uang pembinaan itu, panitia juga menyediakan hadiah medali dan piagam kepada para pemenang," tambahnya.

Rikardo mengatakan, selain kejurnas catur junior itu, PB Percasi juga akan menyelenggarakan penataran dan ujian wasit dan pelatih bersamaan dengan jadwal kejuarnas tersebut.

(A020/a011)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga