Kamis, 18 Desember 2014

Kesetaraan gender bidang ekonomi harus ditingkatkan

| 4.630 Views
id Linda Amalia Sari Gumelar, kesetaraan gender
Kesetaraan gender bidang ekonomi harus ditingkatkan
Linda Amalia Sari Gumelar. (ANTARA/Yudhi Mahatma)
"Masalah gender ini menjadi salah satu penghambat yang harus dihilangkan."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Linda Amalia Sari Gumelar, mengatakan bahwa kesetaraan gender di bidang ekonomi harus ditingkatkan karena hingga kini banyak wanita yang masih mengalami kesulitan saat memulai kiprahnya dalam industri rumahan.

"Para pemula industri rumahan masih mengalami kendala dalam masalah gender salah satunya akses yang terbatas bagi kaum perempuan," ujarnya di Jakarta, Rabu.

Linda menyampaikan hal itu terkait penyelenggaraan "Mitragender Summit 2012" yang diselenggarakan oleh Masyarakat Peduli Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Dia menjelaskan, berdasarkan penelitian psikososial yang dilakukan Kementerian PPPA bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) menunjukkan bahwa para pemula industri rumahan menghadapi masalah gender yang lebih besar.

"Masalah gender ini menjadi salah satu penghambat yang harus dihilangkan," katanya.

Dia mengemukakan, hambatan juga terjadi karena pada umumnya tingkat pendidikan bagi kaum perempuan masih rendah.

"Karena itu, mereka perlu mendapatkan masukan untuk membangun motivasi berusaha," katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan, pendidikan dan pengetahuan serta peningkatan masalah gender sangat penting bagi perempuan yang ingin mendalami industri rumahan.

"Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sedang mengembangkan kebijakan industri rumahan melalui pemberdayaan perempuan dalam sistem ekonomi rumah tangga untuk mengatasi berbagai masalah mikro tersebut," katanya.
(T.W004/Z002)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga