Jumat, 22 Agustus 2014

Rupiah Kamis pagi menguat 15 poin

Kamis, 28 Juni 2012 09:58 WIB | 2.454 Views
Rupiah Kamis pagi menguat 15 poin
Rupiah (FOTO.ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Kamis pagi bergerak menguat sebesar 15 poin masih didorong dari intervensi Bank Indonesia (BI) di pasar.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Kamis pagi bergerak menguat 15 poin menjadi Rp9.455 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.470 per dolar AS.

"Penguatan rupiah terhadap dolar AS cenderung dipicu intervensi BI seiring bertambahnya kekhawatiran pasar terhadap krisis utang di Eropa," kata analis Milenium Danatama Sekuritas Abidin di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, tren nilai tukar berisiko masih turun menjelang pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa (UE). Sentimen bearish mata uang juga diperburuk oleh kenaikan imbal hasil obligasi Spanyol.

Selain itu, lanjut dia, Siprus juga telah meminta bantuan keuangan di tengah krisis utang zona euro. Kondisi itu menambah negara UE yang terkena krisis ekonomi.

Ia mengatakan, harapan stimulus China berhasil mengurangi kecemasan akan tidak adanya solusi mutakhir untuk atasi krisis utang kawasan negara Euro jelang pertemuan puncak Uni Eropa.

Ia menambahkan, pasar saham global menguat tadi malam. Investor merespon positif data penjualan rumah dan pesanan untuk durable goods di AS.

"Positifnya bursa saham akan membawa efek positif terhadap nilai tukar dalam negeri," kata dia.

(Ant)



Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga