Kamis, 28 Agustus 2014

Pengemudi becak Yogyakarta dapat pelatihan sadar wisata

Kamis, 28 Juni 2012 11:47 WIB | 7.018 Views
Pengemudi becak Yogyakarta dapat pelatihan sadar wisata
Ilustrasi. Sejumlah wisatawan mancanegara berkeliling menggunakan becak wisata saat melintasi Kawasan Kraton Yogyakarta. (ANTARA/ Wahyu Putro A)
Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta akan memberikan pelatihan dan motivasi perilaku sadar wisata kepada para pengemudi becak di kota gudeg itu.

"Kegiatan ini rencananya akan dilakukan di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret pada Sabtu (30/6)," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Yulia Rustiyaningsih di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan sebagai kota tujuan wisata, Yogyakarta perlu melakukan persiapan untuk menyambut libur panjang sekolah, salah satunya dengan memberikan motivasi dan pelatihan sadar wisata bagi para pengemudi becak.

Menurut dia, pemberian motivasi dan pelatihan itu adalah bagian dari koordinasi yang dilakukan pemerintah daerah. Jumlah pengemudi dan koordinator pengemudi becak yang akan mengikuti kegiatan tersebut diperkirakan sekitar 250 hingga 300 orang.

"Secara umum, libur panjang sekolah akan dimulai pada Sabtu (30/6). Namun, kami sudah melakukan persiapan dengan berkoordinasi dengan pelaku pariwisata yang ada khususnya di kawasan Malioboro," katanya.

Selain itu Yulia mengatakan pihaknya juga telah mendata sejumlah kegiatan kesenian yang akan digelar selama libur panjang sekolah, baik yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau dari pemerintah, diantaranya adalah Pentas Klangenan Jogja tiap Sabtu malam di Plaza Serangan Oemoem 1 Maret, serta festival ketoprak yang digelar 1-5 Juli.
 
Sejumlah kegiatan lain yang akan digelar selama libur panjang sekolah di antaranya adalah Festival Malioboro yang menampilkan atraksi perkusi pada 6-8 Juli di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, dan Steet Carnival sebagai bagian Jogja Fashion Week di sepanjang Malioboro pada 7 Juli.

Meskipun libur panjang sekolah belum dimulai, namun Yulia mengatakan sudah ada kenaikan kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta mulai Mei, yakni mencapai lebih dari 300.000 orang.

(E013)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga