Jakarta (ANTARA News) - Google Incorporated menargetkan  tak sampai dua tahun lagi akan  meluncurkan kacamata digital  di pasar Amerika Serikat.

Salah satu pendiri Google, Sergey Brin seperti dikutip Reuters, mengatakan akan menjual kacamata Google seharga kurang dari 1.500 dolar AS ke pengembang perangkat lunak Amerika awal 2013.

Brin memamerkan kacamata yang mampu menayangkan video dan audio secara langsung itu dalam acara Google I/O 2012 di San Francisco.

Kacamata digital Google merupakan layar seukuran perangko yang terpasang di sisi kiri bingkai kacamata.

Produk itu juga mampu merekam video, akses surat elektronik, dan mencari informasi dari Internet.

Kacamata digital yang lebih ringan dari kacamata baca itu mampu menampilkan video dengan perspektif sesuai dengan arah pandang pemakai.

Seorang pemimpin Google yang enggan menyebutkan namanya mengatakan sebuah prosesor jaringan nirkabel terdapat dalam kacamata, selain sejumlah komponen teknologi yang umumnya terdapat dalam telepon seluler pintar.

Google masih mengupayakan agar baterai kacamata dapat bertahan satu hari penuh meskipun ukurannya lebih kecil dari baterai ponsel pintar.

Brin mengatakan saat ini Google masih menguji coba kaca mata itu dalam hal mengubah teks menjadi suara dan kemampuan memberi petunjuk arah.

Brin mengatakan Google tidak berencana untuk memasang iklan di perangkat itu.

 (I026)