Jumat, 1 Agustus 2014

Pemkab Bungo bangun kawasan Kota Terpadu Mandiri

Kamis, 28 Juni 2012 15:05 WIB | 2.055 Views
Jambi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi menyatakan tengah mempersiapkan pembangunan lokasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) yang akan berada di Kecamatan Bathin III Ulu.

"Dari awal tahun kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Mudah mudahan memasuki Juli 2012 ini, upaya pembebasan lahan sudah bisa dimulai," ujar Kabid Transmigrasi, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bungo, Hj. Annalukita di Muarabungo.

Menurut dia, untuk pembangunan lokasi KTM tersebut, Pemkab Bungo membutuhkan lahan seluas kurang lebih 28 hektare. Di lokasi tersebut sedianya akan dibangun beberapa fasilitas khusus bagi pengembangan sumber daya masyarakat seperti, Islamic Center, pusat bisnis, kawasan terbuka, grand house, sarana belajar dan fasilitas umum lainnya.

"Untuk pembebasan lahan ini, Pemkab Bungo akan mendapatkan suntikan dana dari APBN senilai kurang lebih Rp1 miliar," katanya.

Anna mengatakan, untuk menindaklanjuti program tersebut, Pemkab Bungo sebelumnya telah membentuk tim khusus dalam upaya pembebasan lahan serta sosialisasi di masyarakat.

Dengan adanya KTM, kata dia, masyarakat bisa lebih meningkatkan sumber daya yang ada, baik dari sisi ekonomi, kemasyarakat, agama dan pendidikan.

"Mengingat, dalam lokasi KTM akan ada berbagai fasilitas yang dibangun dan bisa digunakan oleh masyarakat baik sebagai sarana belajar, pengembangan diri maupun transaksi ekonomi," jelasnya.

Anna menambahkan, khusus untuk fasilitas di lokasi KTM, Pemkab Bungo juga akan menerima alokasi bantuan APBN senilai kurang lebih Rp1,2 miliar.

"Jadi total bantuan APBN yang akan diterima untuk pembangunan KTM di Bungo ini mencapai Rp2,2 miliar. Dimana ini untuk tahap awal. Mudah mudahan tidak ada kendala kedepan, sehingga proses pembangunan KTM bisa berjalan dengan baik dan lancar," tambahnya.
(BS)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga